REVIEW Fresh Vitamin Nectar Vibrancy-Boosting Face Mask

Fresh, dari namanya terdengar segar dan kita bisa menjamin adanya bahan-bahan natural yang digunakan dalam produk ini. Inilah yang membuat kami tertarik untuk mereview Fresh Vitamin Nectar Vibrancy-Boosting Face Mask 

Artikel ini adalah review kolaborasi dengan @karlalovikia. Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai penggunaan dan before-after effect akan dijelaskan oleh @karlalovikia. 

Fresh adalah brand dari Amerika Serikat (United State) yang terinspirasi dari pengalaman pendirinya yang senang berpetualang mempelajari alam dan budaya. Produk yang dihasilkan terinspirasi dari ritual kecantikan yang diwariskan dari berbagai masa dan budaya. 


Fresh Vitamin Nectar Vibrancy-Boosting Face Mask adalah masker exfoliant dan brightening yang mengandung ekstrak buah citrus sebagai sumber kandungan alpha hydroxy acid (AHAs), chemical exfoliant. Selain itu ada beberapa kandungan tambahan seperti vitamin C, E, dan B5.

Packaging 
Produk menggunakan kemasan berbahan campuran kaca yang berwarna hijau gelap. Warna gelap dan wadah berbahan kaca memang sangat diperlukan untuk produk berbahan natural seperti Fresh. Warna gelap melindungi kualitas bahan aktif produk dari sinar matahari. Walaupun bahan kaca digunakan untuk wadah yang kokoh, penggunaan bahan kaca menjadi tidak travel friendly. 

Walaupun demikian, produk ini memiliki ukuran travel friendly (30 ml) yang bisa digunakan untuk mencoba kecocokan produk masker, juga untuk memudahkannya dibawa-bawa. Tetap hati-hati karena wadah bisa pecah. 

Komposisi 
Secara general, produk ini adalah exfoliant yang mengandung antioksidan dan AHAs. Produk bebas paraben, sulfat, alkohol, dan silikon. Namun memiliki beberapa bahan yang dapat menyebabkan alergi dan fungal acne. 
Namun, karena produk ini bukan produk leave-on yang terpapar lama, asalkan pembersihan dan penggunaan produk benar, alergi dapat dihindari (alergi dipengaruhi lagi oleh toleransi paparan masing-masing kulit). Untuk fungal acne juga dapat dihindari karena produk mengandung pengawet anti fungal. Komposisi lengkapnya bisa kamu lihat di website mereka. 

PS: Komposisi ini dibahas pada 24 Februari 2020. 

Kelebihan 
  1. Mengandung exfoliant alami AHAs yang kebanyakan berasal dari ekstrak jeruk dan lemon (mengandung malic acid). Beberapa ekstrak lainnya seperti ekstrak tebu (mengandung glycolic acid) dan ekstrak sugar maple (mengandung malic acid dan tartaric acid). 
  2. Mengandung pelembab. Pada umumnya exfoliant dapat membuat kulit kering, dan dapat menimbulkan rasa geli hingga perih yang untuk beberapa orang cukup mengganggu. Namun produk ini mengandung glukosa, gliserin, panthenol, dan minyak kedelai untuk mengurangi ketidak- nyamanan tersebut.
  3. Bahan-bahan yang mengandung antioksidan pada produk ini sangat banyak. Ada empat ekstrak berasal dari buah citrus (baik jeruk dan lemon), juga mengandung vitamin E.
  4. Mengandung vitamin C yang berasal dari ekstrak citrus dan ascorbyl tetraisopalmitate yang membantu mencerahkan kulit  

Kelemahan 
  1. Asam sitrat, asam sitrat di sini bukan asam sitrat yang tertulis pada komposisi. Karena ekstrak jeruk dan lemon adalah salah satu bahan utama produk ini dan kedua ekstrak secara alami sudah mengandung asam sitrat, untuk pemilik kulit sensitif mungkin tidak akan cocok. Lakukan patch test untuk memastikan. 
  2. Limonene, walaupun tertulis di bagian terakhir komposisi (memiliki konsentrasi < 1%), kandungan limonene mungkin akan lebih tinggi karena ekstrak jeruk dan lemon secara natural juga mengandung limonene. Limonene adalah alergen untuk beberapa kulit. Lakukan patch test untuk memastikan apakah kulitmu alergi dengan senyawa ini. 
  3. Fragrance, fragrance pada produk ini memiliki konsentrasi > 1 %, maka untuk beberapa orang yang tidak suka aroma kuat, mungkin tidak akan cocok. Karena istilah "fragrance" tidak dapat menunjukkan senyawa apa yang mereka gunakan sebagai pewangi, kita tidak tahu apakah fragrance yang digunakan adalah alergen untuk kulit kita. Untuk pemilik kulit sensitif, harus melakukan patch test. 
Menariknya, Fresh tahu jika bahan-bahan yang digunakan bisa saja tidak cocok untuk beberapa jenis kulit, sehingga di websitenya sendiri, Fresh mengingatkan konsumen untuk membaca komposisi produk sebelum dibeli. 

sumber: https://www.fresh.com/us/vitamin-nectar-glow-face-mask-H00004453.html
Untuk jenis kulit apa
Produk ini memiliki chemical exfoliants seperti AHAs (glycolic acid, malic acid, tartaric acid, citric acid), Pemilik kulit kering dan sangat kering akan lebih merasakan manfaatnya.

Selain itu, produk ini juga cocok untuk tujuan:
  • meratakan warna dan permukaan kulit
  • menghilangkan flaky pada kulit
  • mengurangi garis-garis halus
  • merangsang produksi kolagen dan kelembaban kulit.   
Kulit berminyak dan dehidrasi masih dapat merasakan kegunaan produk ini karena AHAs juga masih dapat meng-exfoliate permukaan kulit berminyak dan hidrasi. Selain itu, citric acid dan malic acid masih termasuk BHA juga. Namun untuk kulit berjerawat, jika tujuannya adalah untuk mengurangi komedo/ calon jerawat, produk ini masih bisa membantu, tetapi tidak terlalu efektif (masih lebih baik menggunakan salicylic acid).

Karena pH produk yang kemungkinan besar sangat rendah karena banyaknya bahan acid, pemilik kulit sensitif mungkin tidak akan cocok untuk produk ini. Jika masih ingin menggunakan produk, lakukan patch test terlebih dahulu dan gunakan hanya satu kali seminggu.  

Sedikit catatan dalam penggunaannya 
Kamu bisa belajar lebih banyak lagi di highlight @karlalovikia mengenai cara penggunaannya. Pembahasan mengenai penggunaan di sini hanya sebagai tambahan berdasarkan komposisi yang dimiliki produk.

Tahukah kamu, exfoliant adalah produk yang paling rentan disalah gunakan oleh pemula skincare routine? Jika kamu masih baru belajar mengenai exfoliant, boleh membaca dulu artikel saya mengenai cara menggunakan exfoliant? 

Berdasarkan bahan-bahan produk ini, ada beberapa yang harus diperhatikan:
  1. Produk bekerja optimum pada pH rendah. Jadi setelah mencuci muka, pastikan wajah kering (air dapat mengubah pH produk dan pH kulit) untuk hasil maksimal. Kalau kamu takut produk akan membuat reaksi berlebihan, boleh pada saat kulit lembab. 
  2. Mulai dengan penggunaan 1 kali seminggu. Jika tidak terjadi reaksi dalam satu bulan, boleh ditingkatkan menjadi 2 kali seminggu. Dari websitenya disarankan 2-3 kali seminggu, tetapi untuk menghindari reaksi berlebihan maksimal 2 kali seminggu. 
  3. Hanya aplikasikan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat untuk membantu perontokan sel kulit mati. 
  4. Gunakan sunscreen dan pelembab setelah penggunaan. AHAs dan BHAs dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar UV. 
  5. Jangan digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung retinol. Jangan digunakan bersaman produk lain yang mengandung vitamin C. 
  6. Karena produk dikemas dalam bentuk jar, saat mengambil produk harus ekstra apik. Lebih baik menggunakan spatula yang diberikan produk daripada menggunakan tangan. 
  7. Karena bahan natural, jangan simpan di tempat yang dekat sinar matahari, panas, atau basah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk dan menghindari produk dari kontaminasi mikroba. 
  8. Penggunaan chemical exfoliant tidak akan terasa langsung seperti menggunakan physical exfoliant. Gunakan produk selama dua bulan (satu bulan purging-untuk beberapa orang dan satu bulan untuk hasil akhir) sebelum menentukan apakah produk yang digunakan efektif atau tidak. 
Untuk hasil before/after effect, mohon kunjungi highlight @karlalovikia 

Semoga artikel ini membantumu :)


No comments:

Powered by Blogger.