Introduction of Make Up: Produk yang Digunakan Paling Pertama

Umumnya dalam ber-make up, produk yang pertama kali digunakan adalah foundation. Foundation digunakan sebelum produk yang lain agar make up keseluruhan menempel dengan baik. Ternyata, foundation bukanlah yang pertama. Ada produk-produk lain yang sebaiknya digunakan sebelum foundation, tetapi kembali lagi pada kecocokan kulit masing-masing.

Tidak hanya foundation, concealer, dan BB cream, tapi primer, moisturizer/serum, sunblock, dan make up dasar juga termasuk dalam base make up atau make up awal sebelum foundation.
sumber: www.makeup.vidalondon.net
Primer 
Primer adalah produk yang digunakan paling awal. Primer mengandung silika, polimer, dan wax untuk mengikat produk make up sehingga selain kulit lebih halus, juga membuat make up awet menempel wajah. Perannya hanya untuk membuat make up melekat pada wajah, tidak dapat menutupi noda wajah. Namun, primer juga dapat mengurangi kekeringan karena sifatnya melembapkan. Jenis primer beragam, dari krim, cair, dan gel. Tetapi semuanya akan memberi kesan kulit lembap. Gel dan cair juga memberi kesan lembap, tetapi tidak memberi kesan berat di kulit. 

Beberapa primer juga menggunakan warna-warna seperti Control Colour Base
sumber: www.tokopedia.com

Moisturizer/serum 
Produk ini bersifat melembapkan kulit. Setiap jenis kulit perlu moisturizer sebelum make up. Untuk kulit kering, gunakan moisturizer mengandung minyak, sementara kulit minyak pastikan moisturizer oil-free dan banyak mengandung air. Kadang-kadang moisturizer juga dicampur dengan serum, jadi sekalian merawat wajah saat ber-make up. Serum yang digunakan umumnya untuk mencerahkan kulit. 
sumber: www.makeupalley.com
Sunblock 
Di Korea sendiri, sunblock/sunscreen adalah produk wajib digunakan setiap hari, mau saat musim dingin atau panas. Sunblock juga dipercaya mencegah penuaan karena melindungi kulit dengan cara mengurangi jumlah paparan UV pada kulit. Umumnya jenis sunblock yang ditemui adalah lotion dan spray, tetapi ada juga tipe batang, tipe balm, atau tipe krim. 

Kadang lip balm juga memiliki kandungan sunblock

*Untuk tipsnya sendiri dapat dilihat di Sunscreen? Penjelasan Singkat Si Tabir Surya 

Make Up Dasar / Color Control Base
sumber: www.gabriele-bergmann.de
Make Up artis (MUA) umumnya mengerti hal ini. Make up dasar adalah produk mengandung warna-warna dasar yang digunakan untuk menutupi kekurangan wajah. Dengan warna tersebut, warna kulit kita dapat disesuaikan. Penggunaan warna-warna seperti ini juga dapat ditemukan pada concealer dan primer. 
  • Warna hijau untuk warna merah di kulit seperti menutupi pembuluh darah (arteri) atau jerawat membengkak (sangat merah) 
  • Warna ungu untuk mencerahkan kulit yang kusam 
  • Warna pink untuk kulit yang pucat
  • Warna kuning dan orange untuk mencerahkan area kulit yang gelap (MUA sering menggunakannya sebagai highlight orang berkulit gelap). Selain itu, digunakan juga untuk menutupi warna biru, seperti lingkar mata atau pembuluh vena.
* Untuk lingkar mata, agar warna gelapnya tertutup sempurna, warna make up base tergantung warna kulit. Dibahas lebih dalam pada Hitam Putih Concealer #1: Memilih Warna Concealer.

sumber: www.beautylish.com
Bagaimana cara mengaplikasikan ketiga produk ini?
Sebenarnya gampang. Cukup mengeluarkan sedikit isi produk di punggung tangan. Titik-titikan pada pipi, dahi, dagu. Kemudian usapkan titik titik tsb ke arah luar. Saat mengusapkan bagian pipi, usapkan produk yang menempel pada jari tangan pada hidung. Pada bagian dagu, jangan lupa usapkan produk yang menempel pada jari tangan ke sekitar mulut. Untuk color control base, aplikasi sama hanya perhatikan warna wajah apa yang ingin dikoreksi. Ingat, jangan mengusapkan ke arah bawah, mungkin efek make up tidak terlalu berpengaruh, tapi kulit akan terlihat turun dan lama kelamaan wajah terlihat tua dan lelah.

Setelah aplikasi, tepuk-tepuk wajah agar produk meresap dan tunggu sekitar 5-15 menit, sebelum menggunakan make up lainnya.

Haruskah menggunakan semuanya?
Tidak perlu. Selain mahal jika beli semua, produk tertentu dapat menggantikan produk lainnya. Color Control Base pun umumnya digunakan dalam photoshoot. 

  • Jika dirumah saja, gunakan sunblock
  • Untuk acara formal, gunakan sunblock, lalu primer, lalu foundation. Atau sunblock dan moisturizer/serum, lalu sunblock, lalu primer, baru foundation. 
  • Kalau repot dan buru-buru, tapi hanya acara sehari-hari, BB cream (Blemish Balm) cukup.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.