REVIEW Make Over Perfect Cover Two Way Cake

Beberapa bulan lalu saya baru beli Make Over Perfect Cover Two Way Cake Rp 139.000,00 di Tangerang. Produk ini merupakan rekomendasi guru make up saya sebelum kuliah. Semenjak beli, sampai sekarang saya selalu menggunakan produk ini dalam make up sehari-hari saya 

Make Over Perfect Cover Two Way Cake (masa kadaluarsa 2 tahun) adalah jenis foundation two way cake dimana aplikasinya sudah seperti menggunakan foundation dan bedak tabur atau setting powder. Foundation tipe ini cocok untuk kulit berminyak karena berbahan bubuk dan tidak ada penambahan minyak atau pelembap. Jadi cocok juga untuk dipakai sehari-hari. Untuk kulit kering atau kulit sedang mengelupas, tidak anjurkan menggunakan produk ini langsung.

Apa keunggulan dan kandungannya?
Produk ini menggunakan bahan premium yang menentukan kelebihannya dibandingkan foundation lainnya. Two way cake yang diaplikasikan akan menghasilkan warna yang rata terhadap warna kulit kita, ringan, menyamarkan ketidaksempurnaan karena partikelnya yang sangat halus; mencegah dehidrasi kulit dan menyerap minyak berlebih karena formulanya yang tidak larut air.  Produk ini juga tidak terlalu menunjukan efek cakey face. Pada saat minyak diserap dengan kertas minyak, tidak terlalu banyak warna bedak yang terangkat

Kandungannya:
Minyak biji jojoba, untuk menjaga kelembapan kulit. Minyak biji jojoba digunakan untuk menggantikan minyak wajah karena memiliki sifat mirip sebum. Banyak digunakan sebagai kondisioner kulit normal. Namun tidak memberikan rasa berminyak (greasy) seperti sebum.

Minyak kacang makademia, sifat kimianya mirip sebum dan tidak memberikan rasa berminyak pada kulit. Bahan ini sangat cocok untuk kulit kering karena mengandung asam oleat dan palmitoleat. Mengandung phytosterol untuk membantu pemulihan kulit yang bekerja seperti kortison pada kulit , membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal. Mengandung asam lemak linoleat yang sangat bermanfaat untuk kulit yang sulit menjaga kelembapan. 

Minyak kacang kedelai membantu meningkatkan elastisitas dan menjaga kelembapan kulit, sangat cocok untuk kulit kering. Membuat kulit halus dan lembut. 

Minyak alpukat, mengandung asam lemak tidak jenuh dan vitamin E sehingga menjaga kulit tetap lembut juga bermanfaat sebagai produk sunscreen, anti-aging, dan treatment acne. 

Ekstrak bunga Chamomile dapat menyeimbangkan produk sebum sehingga cocok untuk kulit berminyak atau kering. Mengandung sifat antiperadangan yang membantu melawan infeksi selain sebagai moisturizer. 

Ekstrak Bran atau ekstrak bekatul ternyata bermanfaat sebagai moisturizer karena mengandung banyak asam lemak. Selain itu mengandung antioksidan, vitamin B dan E yang tidak hanya menghidrasi kulit, tapi menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari sinar UV. Vitamin E dan asam lemak tersebut akan masuk ke dalam lapisan kulit terdalam. Karena ringan dan mudah menyerap, bahan ini tidak akan meningkatkan minyak pada kulit. 
credited: @sammymarvin

Bagaimana Mengaplikasikannya? 
Pemilihan warna 



Make Over Perfect Cover Two Way Cake memiliki delapan jenis warna: lace, coral, maple,  dessert, cinnamon, cappucino, espresso, dan honey.

Ini tujuh warna yang saya temukan saat window shopping. 1: Lace, 2: Coral, 3: Maple, 4: Dessert, 5: Cinnamon, 6: Cappucino, 8: Honey. Kode 7 (tidak ada digambar) adalah Espresso, warnanya lebih gelap daripada Cappucino.  
sumber: dokumen pribadi 

Untuk warna kulit orang Indonesia, cocok dengan warna MAPLE (3) karena memberikan warna kulit lebih cerah tapi tidak seperti topeng. Jika warna kamu lebih warm tone, cocok dengan DESSERT (4). 

Untuk LACE (1) dan CORAL (2), lebih dianjurkan untuk kulit pucat. Lace untuk kulit pucat warm tone, coral untuk kulit pucat cool tone.

HONEY (8) dapat digunakan untuk kulit pucat dan sedikit gelap. Namun, hasil akhirnya sangat kuning dan coverage banget. Mungkin cocok untuk kulit yang cenderung merah.

CINNAMON (5), CAPPUCINO (6) dan ESPRESSO (7) untuk kulit gelap, Cappucino dan espresso cocok untuk kulit pria.

Ada baiknya dalam mengecek warna sesuai dengan kulit atau jangan dicoba pada tangan, tetapi pada bagian kulit leher dibawah telinga. Kalau dilihat dari gambar di bawah, kelihatannya kulit tangan cocok dengan nomer 4, Dessert. Namun, kulit wajah saya lebih cocok dengan warna lace (1) atau maple (3).
Perbedaan warna di lampu booth make up dan lampu kuning.
sumber: dokumen pribadi

Lakukan pengecekan warna pada tempat dengan cahaya natural seperti cahaya matahari. Lampu dengan cahaya natural sendiri bisa ditemui di booth-booth make up.

Masih bingung pilih warnanya? 
Selain mencocokan dengan warna kulit, bisa juga memilih satu tone di atas warna asli. Namun ingat, hasil natural dengan satu tone di atas warna asli akan diperoleh jika kamu memiliki foundation yang lebih gelap atau sesuai dengan warna kulit. Cara ini memang lebih cocok pada mereka yang sering full make up. Dan sedikit lebih rumit karena harus berani bereksperimen. 

Untuk kulit berminyak

  1. Awali dengan mengaplikasikan moisturizer/serum atau make up dasar kalian (primer dan sunblock). 
  2. Kemudian gunakan sponge yang terletak dibawah two way cake ini (karena terpisah, sponge tidak akan selalu kontak dan tidak mengontaminasi cake seandainya sponge terlalu kotor). Aplikasikan two way cake pada zona gelap mata (jangan terlalu dekat mata) dan pat-pat ke daerah hidung dan pipi,
  3. Aplikasikan ke tengah dahi dan pat-pat ke daerah sekitar dahi, 
  4. Aplikasikan pada daerah smile line dan pat-pat ke daerah sekitar mulut, 
  5. Aplikasikan ke dagu dan pat-pat ke sekitar dagu dan leher. Jangan lupa pat-pat ke daearah leher dan garis tumbuh rambut agar warna kulit rata.   
Sebenarnya untuk daearah mata boleh diaplikasikan, sedikit saja. Namun biasanya saya melakukan ini jika tidak menggunakan eye shadow. Dari pengalaman saya, jika mengaplikasikannya terlalu banyak atau sama seperti daerah lainnya, mata terasa kering dan ngantuk. 

Untuk kulit kering 
Pada umumnya, kulit kering harus diawali dengan mengaplikasikan moisturizer/ primer dan sunblock sebelum menggunakan two way cake ini. 

Make Up Tips
Namun, dari pengalaman coba-coba, jika kalian tidak memiliki produk make up dasar untuk kulit kering atau kulit kalian yang biasanya berminyak sekarang dalam kondisi kering dan terkelupas, Akali dengan aplikasi foundation cair dan blend dengan beauty blender setelah mengaplikasikan produk make up dasar.

Gunakan blush brush atau brush powder untuk mengaplikasikan two way cake. Cara ini saya gunakan untuk menghindari kesan berat yang biasanya terjadi saat menggunakan foundation cair dengan two way cake yang pada dasarnya foundation + bedak. Dengan menggunakan kuas, two way cake yang kita beli bisa berperan sebagai bedak. 

Sesungguhnya dengan menggunakan moisturizer tidak menjamin kulit terkelupas akan normal. Parahnya, jika kita coba-coba peeling dengan cuci muka lagi atau handuk basah, yang ada kulit menjadi semakin kering, iritasi, dan memerah.  

Hasil memakai Make Over Perfect Cover Two Way Cake (Maple)
credited: @sammymarvin
Hasil foto dengan pemakaian Make Over Perfect Cover Two Way Cake (Maple)
credited: @sammymarvin

Updated: Karena setelah lulus jadi jarang ke luar rumah/gedung, kulit jadi lebih putih sehingga shade yang saya gunakan sekarang adalah Lace (1) selain itu warna warm tone (kekuningan) dari Lace dapat memudarkan kulit kemerahan saya.

Make Up Emergency Kit 
Siapkan kertas minyak untuk jaga-jaga kalau-kalau efek cakey face muncul. Biasanya setelah menggunakan produk ini, saya jarang menggunakan kertas minyak. Bahkan efek cakey face baru muncul sekitar 5-6 jam padahal kulit saya golongan kulit berminyak. 

Updated: Namun perlu diingat, selalu blotting dengan kertass minyak saat wajah dirasa sudah sangat berminyak. Minyak yang terserap oleh bedak dalam jangka lama dapat menyebabkan jerawat.

Siapkan q-tip atau cotton bud terutama jika kamu menggunakan maskara atau eye make up lainnya. Kadang produk eye makeup water proof sekalipun dapat menyebar dari daerah mata. Saat hal ini terjadi, gunakan cotton bud untuk membersihkan produk yang menyebar dan sebagai pengganti sponge two way cake untuk mengoreksi warna kulit sekitar mata. 

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.