A Day of A Photographer

Dengan berkembangnya teknologi, kita dapat mengedit foto fresh hasil jepretan dengan aplikasi langsung dari hp bahkan langsung share ke media sosial. Namun, hasil foto belum tentu sebagus hasil foto seorang fotografer. Dibalik foto yang bagus, terdapat usaha keras di dalamnya juga.
credited: @sammymarvin

Perkenalkan Sammy Marvin, freelancer photographer beauty dan fashion asal Bandung. Sammy memulai kariernya pada awal tahun 2015. Sebagai seorang freelancer, Sammy memberikan jasa pemotretan yang menampilkan mode pakaian dan barang fashion. Tidak hanya jasa, tetapi juga karya-karya mengandung sentuhan estetika dan komersial, mewakili gaya hidup pada masa tertentu. Karya-karya yang diberikan akan digunakan untuk bidang periklanan atau portofolio yang tersebar dikalangan dunia fashion. 

Keseharian fotografer dimulai dalam studionya. Fotografer tidak bekerja sendiri. Ia bekerja sama dengan make up artist, model, pengarah gaya, dan stylish untuk menghasilkan karyanya. 

Ketika make up artist, pengarah gaya, dan stylish mendandani model dan menyampaikan gaya dalam konsep, fotografer mempersiapkan foto. Mendandani model memerlukan waktu yang lama, minimal 1 jam. Jika busana dan make up lebih rumit, bisa lebih dari 2 jam. Pada saat itu, fotografer memakai waktu tersebut untuk mempersiapkan kamera dan lensa, men-setting pencahayaan, background, dan props. Fotografer juga harus bercakap-cakap dengan crew lainnya agar lebih mudah dalam menyampaikan ide. 

Model siap, sekarang saatnya pemotretan. Hanya dalam beberapa waktu singkat saja, fotografer harus sudah menemukan posisi model yang pas dan memotretnya pada saat model berpose. Dalam waktu singkat juga, fotografer menilai foto hasil jepretannya dan memberikan masukan pada model. Pundaknya lebih gagah....agak menunduk sedikit lagi....

Pemotretan memakan waktu 3 jam atau bahkan seharian....

Ketika pemotretan selesai, 
Tugas fotografer belum selesai. Fotografer akan melakukan post processing foto mentah menjadi karya. Perlu kejelian, ketilita, serta estetika hingga menghasilkan suatu karya.

Untuk melihat karya Sammy Marvin, follow di instagram @sammymarvin




No comments:

Powered by Blogger.