Photoshoot Sehari

Kayanya enak ya menjadi model foto. Sudah cantik, cuma asal gaya, jepreet, jadi. Tidak perlu susah-susah edit foto atau mengarahkan gaya karena tugas itu sudah dikerjakan orang lain. Ternyata menjadi model sulit dari yang dibayangkan publik. Tidak sekedar postur (yang didapat dari gaya hidup) yang menjadi syarat model. Pengalaman sehari photoshoot, walaupun hanya personal photoshoot, saya sedikit membayangkan susah payah model. 

Modeling is all about adapting, and taking each challenge in your stride 
- Georgia Wilson, Asia's Next Top Model Season 3 -

Sumber: dokumen pribadi

Raut wajah berubah saat rambut dirapikan :)
Sumber: dokumen pribadi
Harus selalu tegak dan siap di depan kamera
Hal ini tidak terlepas dari tahan napas dan tidak banyak bergerak. Saat pengarah gaya sudah mengarahkan gaya, tetapi model tidak mendengarkan atau saat posisi model berubah dan ia tidak ingat posisinya lagi, ini tentu akan memperlambat photoshoot hari itu. Bahkan saat pose sudah pas, lalu ada rambut yang tidak rapi, model tetap tidak boleh bergerak. Posisi rambut akan dirapikan oleh anggota lain. 
cape mood
Sumber: dokumen pribadi





Mood stabil di depan kamera
Percaya diri atau tegang, saat diarahkan kamera akan memengaruhi aura wajah model. Bayangkan saat hari itu kalian cape atau ada masalah, mood harus tetap stabil saat pemotretan. Tidak akan ada yang peduli hari itu kamu sedang mengalami masalah apa, atau bahkan sedang sakit, (kecuali jika kejadian tersebut mendesak dan tidak terencana). Jika kamu menyatakan mampu mengikuti photoshoot, mereka akan menganggap secara mental dan fisik kamu mampu mengikuti photoshoot. Hal ini terus ditekankan pada model. 

Percaya diri di depan kamera
Percaya diri di sini berarti tidak boleh tegang atau awas saat ada kamera. Dalam hati boleh awas terhadap kamera, tetapi raut wajah tidak boleh menunjukan awas dengan kamera. Perbedaan orang biasa dan model dapat dilihat saat berpose dengan tidak menghadap kamera. Orang biasa akan menunjukan raut wajah tegang di depan kamera, walaupun tidak menghadap kamera. 

Tidak boleh Tonsurephobia (takut dipotong rambut) 
Sebelum difoto, seorang model akan didandan. Tidak hanya membubuhkan make up, tetapi juga menata bahkan memotong rambut. Kebanyakan model perempuan yang berambut panjang takut saat rambutnya dipotong menjadi sangat pendek. Namun, walaupun seorang model diperbolehkan mengoreksi beberapa gaya, ia tidak dapat menentukan sepenuhnya gaya apa yang dia inginkan. Photoshoot adalah kerja tim, dan model adalah anggota di dalamnya, tetap harus bekerja sama dengan anggota lainnya.

Membayangkan foto jadi walaupun belum terfoto
Seorang model harus mampu menunjukan aura wajah dan ciri khasnya seperti membayangkan foto dirisnya telah jadi. Model juga harus membayangkan gerakan yang dia pose akan seperti apa pada foto jadinya walaupun foto itu belum di-capture oleh fotografer 

Jujur saja, dengan belajar secara teori, belum tentu saat didepan kamera sudah ahli seperti para model. Perlu beberapa kali pengalaman. 
Masih tegang :)
Sumber: dokumen pribadi



No comments:

Powered by Blogger.