Hitam Putih Foundation #1: Temukan Warna Foundationmu

Foundation atau alas bedak cair akan memberikan kesan kulit lebih halus karena dapat menutup pori-pori yang cukup besar dan bekas jerawat. Sayangnya, banyak orang salah memilih foundation sehingga wajah terlihat seperti topeng atau kusam karena foundation terlalu terang atau gelap. Bagaimana memilih foundation? Banyak cara yang dilakukan, mulai dari menggunakan warna pakaian tertentu, warna mata, metode kertas putih, dan metode perhiasan. Akhirnya pusing sendiri. Berikut cara mudah untuk mengetahui foundation yang cocok untuk warna kulit. 
sumber: www.sosueme.ie
sumber: www.hasgoodlook.com
Ketahui warna kulitmu
Lihat warna vena pada lengan bawah. Vena berada dekat dengan permukaan kulit sehingga warna vena dapat terlihat:

Vena berwarna biru, berarti nuansa kulit cool. Pemilik warna vena ini berkulit pucat/putih dan memiliki rona kulit pink. Gunakan foundation dengan warna dasar pink atau ivory.

Vena berwarna hijau, berarti nuansa kulit warm. Pemilik warna vena ini berkulit gelap dan memiliki rona kulit bronze. Gunakan foundation dengan warna dasar kuning atau beige.

Vena berwarna tidak terlalu biru atau hijau (atau menemukan warna biru dan hijau), berarti nuansa kulit neutral. Pemiliki warna vena ini berkulit tidak terlalu pucat/putih atau gelap. Warna beige dapat digunakan juga.
sumber: www.corporate.target.com
Berani coba foundation sebelum beli
Selain warna dasar, warna kulit juga dipengaruhi oleh kecerahan kulit. Untuk hal seperti ini, belum tentu satu foundation akan cocok untuk setiap orang dengan warna dasar kulit tertentu karena setiap orang memiliki perbedaan kecerahan. Untuk mengetahui foundation dengan kecerahan dan warna dasar yang tepat, coba foundation sebelum membeli. Gunakan pada daerah antara pipi, rahang, dan telinga. Jangan lupa di pat-pat ke sekitarnya.
banyaknya jenis warna kulit ....
sumber: www.illamasqua.com

Kenapa harus dicoba hanya daerah antara pipi, rahang, dan telinga saja?
Jangan menggunakan foundation pada tempat tester seperti di mall karena dikhawatirkan tempat foundation sudah terkontaminasi dan dapat membuat kita berjerawat. Oleh karean itu, pada saat mencoba foundation, hanya dilakukan pada daerah kecil, tetapi dapat digunakan untuk membandingkan kecocokan warna.

Alasan lainnya, saat kita mencoba foundation tertentu, kita harus mendiamkannya beberapa saat. Bisa kita lakukan dengan belanja barang lain, mencoba sepatu, atau jalan-jalan di daerah sekitarnya. Cara ini dilakukan karena beberapa foundation dapat teroksidasi sehingga berwarna lebih gelap dari warna awal saat dipulaskan. Daerah ini adalah daerah yang tidak terlalu mencolok karena cukup tertutup rambut sehingga orang lain tidak akan melihat kulit yang sedang dipoleskan foundation, belang dengan daerah lain.

Beli dua warna mendekati
Setelah menemukan warna foundation sesuai warna kulit, cobalah untuk membeli dua warna berbeda, lebih gelap dan lebih terang. Pada musim panas kulit akan lebih gelap, sehingga warna foundation dapat digelapkan dengan mencampur warna lebih gelap. Pada musim dingin, kulit akan lebih putih, sehingga warna foundation dapat dicampur dengan warna yang lebih terang. Selain itu warna berbeda dapat digunakan untuk contouring.

Selamat mencoba, semoga artikel ini membantumu :)

Next Lesson
Last Step

No comments:

Powered by Blogger.