Makeup Kit #1: Brush and Sponge

Walaupun beberapa produk make up dapat diaplikasikan menggunakan jari, tetap saja ada yang memberikan hasil yang lebih bagus jika diaplikasikan dengan brush atau sponge. Beberapa karena alesan kebersihan juga mengurangi "tapak jari" sehingga wajah lebih natural. 

Setelah tahu demikian, mulailah kita berniat membeli peralatan aplikasi make up. Namun, setelah melihat-lihat, kok niatnya beli satu-dua brush malah harus beli banyak, mana fungsi dan bentuknya aneh-aneh. Lalu, kalau sedang low budget, apa tetap beli semuanya karena satu brush tidak dapat digantikan oleh yang lainnya? Yuk, kenali dulu beberapa brush dan sponge yang sering digunakan untuk mengaplikasikan make up. 

Bedakan brush make up dengan kuas pada umumnya. Brush make up dibuat khusus lembut. Bahkan yang paling mahal terbuat dari bulu kelinci. Brush dibuat lembut agar saat digunakan tidak melukai kulit. Brush yang lembut juga menjadi alasan beberapa orang merasa rileks saat dimake up. Sebelum mengetahui brush yang diperlukan khususnya untuk pemula, kenali dulu jenis dan fungsi brush. 

credited: @sammymarvin































1. Angled/Contour Brush
Brush contour ini digunakan untuk mengaplikasikan contour (warna gelap) dan highlight (warna terang), tetapi juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan blush dan shimmer. Brush untuk blush sebenarnya ada dan berbeda dengan brush contour

Ujung brush contour memiliki kemiringan seperti pada gambar. sementara brush blush memiliki ujung yang membulat. Namun brush contour dapat menggantikan brush blush untuk mengaplikasikan blush yang dekat tulang pipi seperti pada orang dengan wajah oval, bulat, dan kotak. Brush contour juga dapat digantikan oleh brush blush, hanya saja ukurannya harus lebih kecil dan kadang agak susah menggunakannya sebagai brush contour

PS; Bentuk brush membulat juga ditemukan pada brush powder untuk bedak, hanya saja ukurannya lebih besar dari brush lainnya.

 2. Brush Eyeshadow
Brush tipe ini digunakan untuk mengcontour daerah mata atau mengaplikasikan warna dasar eyeshadow. Produk yang digunakan juga merupakan produk powder bukan cream atau cair seperti concealer.

3. Eyeshadow Applicator
Tipe ini paling banyak ditemui pada produk-produk eyeshadow. Brush terbuat dari sponge sehingga dapat menangkap eyeshadow lebih banyak. Bisa juga digunakan untuk blend eyeshadow, tapi harus teliti karena kadang-kadang hasilnya bisa berantakan dan tidak detail.

4. Lip Brush 
Brush untuk lpistik. Rambut brushnya yang kecil dan rapat membantu mengambil produk dan mengaplikasikannya ke bibir secara detail. Bahan rambutnya sama dengan rambut brush untuk concealer dan foundation.

credited: @sammymarvin
5. Angle/Eyeliner Brush 
Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan gel eyeliner tapi juga dapat digunakan untuk membuat sketsa kelopak mata dengan produk powder eyeshadow. Hanya jangan lupa membersihkan brush saat menggunakannya menjadi eyeshadow atau menjadi gel eyeliner. 

6. Groomer Brush
Sisir kecil digunakan untuk merapikan rambut alis sebelum mengaplikasikan powder alis atau pensil alis. Brush seperti sisir digunakan untuk blend produk alis setelah diaplikasikan. 

Sekarang bentuk brush ini telah diganti oleh brush berbentuk spiral:
sumber: www.elfcosmetics.com
7. Eyebrow Brush 
Bentuknya memang seperti angle/eyeliner brush sehingga beli satu jenis kuas saja sudah memberikan tiga fungsi. Brush digunakan untuk mengaplikasikan menggambar alis terutama dalam mengisi rambut sehingga memberi kesan alis tebal. 

8. Concealer brush 
Brush memiliki bahan rambut seperti lip brush dan digunakan untuk mengaplikasikan produk berbahan cair dan cream seperti concealer. Brush ini digunakan untuk blend concealer.  

PS: Bentuk brush seperti ini dimiliki oleh foundation brush juga, hanya bentuknya lebih besar dari concealer brush. Selain itu, foundation brush ada juga yang memiliki bentuk lain seperti:
sumber: www.beautyeditor.ca
Lalu apa yang membedakan fungsi dengan bentuk brushnya?
sumber: Mixed Makeup

Bentuk foundation brush yang rata akan memberikan pulasan yang sedikit, cocok untuk sehari-hari. 
Bentuk foundation brush yang bulat atau fluffy memberikan pulasan sedang
Bentuk foundation brush yang rata seperti concealer brush memberikan pulasan yang tinggi, cocok untuk pergi ke pesta pada malam hari atau photoshoot

9. Eyeshadow Detail
Bahan rambutnya seperti eyeshadow brush, tetapi lebih membulat. Brush ini digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow ditempat yang detail seperti sudut kelopak mata. Selain itu, dapat digunakan untuk menggantikan eyeshadow blending. Jadi dapat digunakan untuk blend warna eyeshadow ditempat yang lebih detail. 

10. Beauty blender vs sponge, pengganti aplikasi brush foundation dan jari tangan
beauty blender
credited: @sammymarvin


sponge
credited: @sammymarvin















Untuk mengaplikasikan dan blend foundation cair, dapat juga menggunakan sponge atau beauty blender. Keduanya berbahan sama, sponge. Hanya beauty blender memiliki bentuk yang membantunya mencapai sudut-sudut wajah seperti lipatan hidung dan ujung sudut mata. Sebelum menggunakannya, remas-remas beauty blender dengan air sehingga lebih mengembang. Selain itu, dengan adanya kandungan air pada beauty blender, akan memberikan hasil wajah yang lebih lembap (dewy

Sponge sendiri memiliki harga yang lebih murah dan di toko-toko sudah ada sponge dengan berbagai bentuk. Untuk pemula, lebih baik menggunakan sponge dulu sebelum beralih ke beauty blender. 

Dari semua fungsi dan jenis yang telah diketahui. Untuk pemula sebaiknya memiliki:
- Sponge dulu baru nanti putuskan apakah akan menggunakan beauty blender atau foundation brush 
- concealer brush (bisa juga dengan jari tangan)
- Blush brush (bisa menggantikan powder brush seandainya ingin menggunakan bedak yang diaplikasikan dengan brush, yang biasanya lebih natural daripada menggunakan sponge bedak).
- eyeshadow applicator 
- angle/eyeliner brush
- lip brush (agar lipstik tidak mudah terkontaminasi)
- groomer brush (spiral)

Jika pemula, beli brush set sederhana. Brush set yang paling sederhana tapi lumayan lengkap sekitar Rp 150.000. Memang tidak selengkap brush set profesional tetapi kekurangan brush yang ada bisa dibeli. Harga total paling sekitar Rp. 300.000, tergantung dari jenis brush yang dibeli. Sementara brush set untuk make up artist yang sangat lengkap bisa mencapai Rp. 800.000, masih bisa lebih.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini membantumu ;)

Sumber:
Yara, S. 2016. Top Foundation Tricks to Try Now | The Cut With Susan Yara. Retrieved from Mixed Make Up: https://www.youtube.com/watch?v=DiveVQyubcE (20 Agustus 2016).

No comments:

Powered by Blogger.