Hitam Putih Foundation #3: Bagaimana Mengaplikasikan Foundation?

Menggunakan foundation akan meratakan warna kulit bahkan mencerahkan warna kulit. Namun kesalahan dalam mengaplikasikannya dapat membuat wajah menjadi aneh. Lalu bagaimana seharusnya mengaplikasikan foundation? 
sumber: www.sosueme.ie
Setelah memilih warna dan jenis foundation yang cocok, sekarang mengaplikasikannya pada kulit. Ada tiga cara yang sekarang menjadi perdebatan, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karena di Indonesia banyak menggunakan foundation cair, penjelasan ketiga cara menggunakan pendekatan foundation cair.

sumber: dokumen pribadi
1. Dengan Jari Tangan
Cara aplikasi ini dapat digunakan untuk foundation cair. Jari kita memiliki beragam ukuran sehingga dapat mencapai berbagai sudut wajah, gratis lagi. Tetapi dengan cara ini semakin besar peluang mengaplikasikan foundation terlalu banyak dan jika lupa blend, tapak jari dapat terlihat. Namun, jari tangan cocok digunakan untuk foundation cream dan mousse karena suhu tubuh pada ujung jari membantu foundation tsb untuk meresap dan blend dengan kulit. 


sumber: beautyeditor.ca

2. Dengan Brush
Brush mengaplikasikan foundation cair dalam jumlah sedang. Tetapi, jenis brush juga harus diketahui karena berbeda jenis, berbeda jumlah foundation yang diaplikasikan. Selain itu, kadang kala tapak brush akan terlihat jika kita tidak pandai memulaskan foundation dengan brush. Cara ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ahli seperti make up artist. 

credited:@sammymarvin
3. Dengan sponge  
Sponge mengaplikasikan foundation cair dalam jumlah sedikit. Agak boros juga karena cukup banyak foundation yang terserap ke dalam sponge daripada menempel pada kulit. Alasan ini juga yang menyebabkan mengapa sponge sulit dibersihkan. Namun sponge banyak digunakan pemula karena tidak menunjukan tapak apalagi jika menggunakan beauty blender. Beauty blender dapat menghasilkan efek air brush. 

Setelah mempertimbangkan ketiga teknik, yuk belajar metodenya, mulailah dengan..
Cuci muka dan perawatan dasar
Selalu cuci muka sebelum menggunakan foundation. Dengan muka yang bersih, akan mencegah timbulnya jerawat. 

Setelah mencuci muka, gunakan moisturizer/serum dan primer yang akan menutupi pori-pori juga menjaga make up tidak luntur. 

Aplikasikan foundation 
Aplikasikan foundation dimulai di daerah T (dahi dan batang hidung), pipi, dan dagu:
  • Jika menggunakan brush, foundation diletakan pada punggung tangan dan dititik-titikan pada daerah tersebut dengan brush. Hal yang sama dilakukan pada jari tangan.  
  • Jika menggunakan sponge, titik-titikan foundation pada daerah tersebut dengan jari tangan sebelum di-blend dengan sponge. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyerapan foundation yang terlalu banyak.
Blending, blending, dan blending..
Blending dilakukan dengan menekan aplikator pada batang hidung ke pipi, lalu perbatasan wajah lainnya. Dari dagu ke perbatasan wajah, dari dahi ke perbatasan tumbuh rambut. Intinya di-blend ke arah luar. Sisa produk yang masih ada pada aplikator digunakan pada perbatasan bibir. Gerakan aplikator ke arah rahang untuk blend sekali lagi. 

Jangan lupa memulaskan atau blend foundation pada leher dan telinga sehingga orang-orang tidak melihat kita sedang memakai foundation.

Cek kembali, apakah blending sudah termasuk hidung dan leher? Jika hasil blending masih menunjukan sedikit pori-pori, aplikasi sudah oke. Namun, jika pori-pori tidak terlihat jelas, wajah sangat rapi, foundation terlalu tebal. Tipiskan dengan menekan tisu ke wajah. Jangan digosok karena warna foundation akan terangkat berlebihan. 

Finishing 
Terakhir, gunakan bedak tabur yang diaplikasikan dengan puff atau powder brush. Hal ini dilakukan agar make up tidak mudah luntur dan tetap pada tempatnya. 

Selamat mencoba. Semoga artikel ini membantumu :)

Next Step
Last Step






No comments:

Powered by Blogger.