REVIEW Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ (Normal to Oily Skin)


Pasti sudah banyak yang tahu tentang Skin Aqua UV Moisture Gel (Normal to Oily Skin) SPF 30. Sunscreen dengan harga bersahabat ini (Rp 43.000) banyak menjadi rekomendasi para beauty vlogger yang sedang membahas sunscreen. Tapi benar worth it?




Sunscreen ini menjadi favorit saya saat belajar memakai sunscreen. Harganya yang bersahabat, membuat saya gak akan nangis seandainya produk tidak cocok di kulit. Tidak memberikan warna putih tembok di wajah sehingga bisa diaplikasikan juga sebagai primer sebelum menggunakan foundation/ bedak.

ini yang aku suka: kode batch yang mudah dilihat. Hal ini membantu pencarian produk yang ternyata mengalami error. Untunglah tidak pernah terjadi masalah apa-apa dengan produk ini
sumber: dokumen pribadi
Berat sunscreen 40 gram. Saya sendiri baru habis menggunakan satu botol dalam tiga minggu. Sebenarnya, dengan pemakaian setiap hari sesuai anjuran (1/2 sendok teh untuk wajah = 2,48 gram). Pemakaian hanya 14 hari (2 minggu). Terlepas dari kelebihan atau kekurangan produk, hal ini menjadi bukti nyata yang menunjukkan bagaimana konsumen biasanya mengaplikasikan kurang dari setengah kali anjuran. Tetapi ini ditentukan lagi dengan ukuran wajah masing-masing, karena anjuran tepatnya adalah 2 mg/cm2 (yang diubah ke 1/2 sendok teh untuk wajah dan leher).

Botol yang ukurannya hampir satu tangan, praktis digunakan
sumber: dokumen pribadi
Packaging 
Bentuk packaging-nya sederhana banget dan tahan pecah. Sederhana gitu sampai bisa dibawa untuk travel! Memang sebaiknya sunscreen di-reapply setiap dua jam sekali. Jadi desain packaging seperti ini saya suka banget karena mudah dibawa-bawa dan masuk tas ukuran apa pun. Warna packaging yang tidak tembus pandang juga menjaga produk di dalamnya dari paparan sinar matahari.

sumber: dokumen pribadi
Ujung botol untuk aplikasinya jauh lebih kecil daripada ukuran botolnya. Selain mengurangi resiko kontaminasi, bentuk aplikator seperti ini juga memudahkan kita mengeluarkan produk. Namun  saya lebih memilih mengeluarkannya ke jari baru diaplikasi ke wajah. Beberapa beauty vlogger yang saya lihat sering menggunakan aplikator langsung ke wajah. Di kasus saya, ujungnya malah menusuk dan ini beresiko mencakar kulit.

sumber: dokumen pribadi

Komposisi 
Tidak mengandung sulfat sehingga cocok untuk orang yang memiliki alergi bahan ini. Namun, produk ini memiliki kandungan paraben dan silikon. Silikon ini berperan untuk melembabkan kulit dan membantu penyebaran sunscreen di kulit. Dengan adanya silikon, produk ini juga dapat menjadi bahan pengganti primer.

Untuk paraben, paraben yang digunakan sangat rendah sehingga masih lolos untuk di pasarkan. Namun, kalau kamu tipe orang yang tidak suka paraben atau lebih memilih untuk menghindari resiko efek negatif paraben, mungkin produk ini tidak cocok untuk kamu.

Bahan ini mengandung surfaktan yang dapat mendorong pertumbuhan fungal acne. Kemasan dengan mulut botol yang sempit dapat mencegah masuknya mikroba. Walaupun demikian, selalu pastikan tangan dan wajah bersih saat menggunakan produk!


sumber: dokumen pribadi

Kelebihan 

  1. GlycerinPanthenol, dan Sodium hyaluronate ketiga bahan ini membantu menjaga kelembaban kulit. Panthenol (Vitamin B5) membantu memperbaiki lapisan kulit sehingga kerja sodium hyaluronate lebih efektif. Ini adalah kelebihan dari produk ini yang tidak hanya sebagai sunscreen tetapi juga sebagai pelembab. 
  2. UV Protection. Sesuai dengan klaim produk ini, terdapat agen-agen pelindung kulit dari sinar matahari seperti ethylhexyl triazone, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, ethylhexyl methoxycinnamate, dan methylene bis-benzotriazolyl tetramethylbutylphenol. Filter ini memberikan proteksi luas dan tinggi untuk UVB dan UVA. Karena sunscreen kimiawi (chemical filter) maka tidak mudah terhapus dan warna akhir tidak seputih saat menggunakan sunscreen fisikal. Tetapi ingat ya untuk mengaplikasikan produk 2 jam sekali.  
  3. Hydrolyzed collagen berperan sebagai pelembab kulit (humektan) dan pembentukan lapisan kulit. 
  4. Tetrahexyldecyl ascorbate (Vitamin C)  dan Tocopheryl acetate (vitamin E). Vitamin C membantu mengurangi bekas jerawat dan juga memiliki peran dalam produksi kolagen. Vitamin E bersama dengan vitamin C membuat kulit lebih cerah juga meminimalisir kerusakan oleh radikal bebas akibat sinar UV. Walaupun urutan dalam ingredients-nya paling terakhir, karena diklaim oleh produk ini, mungkin konsentrasi keduanya sesuai dengan konsentrasi untuk bekerja efektif. 

Kekurangan 
  1. Mengenai UV filter kimiawi, karena menggunakan sunscreen kimiawi, beberapa orang mungkin tidak cocok karena memiliki alergi atau kulit yang sangat sensitif. Penelitian sejauh ini menyatakan keempat filter aman untuk digunakan. Tetapi terdapat beberapa kasus senyawa menyebabkan reaksi fotosensitivitas (ketika digunakan, kulit malah lebih sensitif terhadap cahaya matahari) terutama pada senyawa ethylhexyl methoxycinnamate
  2. Dengan adanya bahan ini, menurut saya produk ini tidak cocok dipakai ke daerah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi seperti pantai. SPF 30 pada produk ini juga tidak memberikan perlindungan efektif di pantai. 
  3. Karena menggunakan sunscreen kimiawi, untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya menghindari penggunaan produk ini.  
Untuk kulit jenis apa? 
Dengan adanya pelembab, sunscreen ini cocok dipakai kulit normal. Selain itu, pelembab yang bersifat humektan juga cocok untuk kulit berminyak.

Untuk mereka yang acne-prone, masih dapat menggunakan produk ini tetapi harus benar-benar membersihkan wajah dengan teliti. Double-cleansing bila perlu.

Cara memakai dan reaksi kulit setelah memakainya? 
Sunscreen ini mengandung filter kimiawi sehingga harus diaplikasikan 15-30 menit sebelum beraktivitas. Sebelum memakainya secara rutin, lakukan patch test dulu.

Setelah mencuci muka dan mengaplikasikan toner, serum, dan moisturizer (optional), sunscreen harus diaplikasikan sebanyak 1/2 sendok teh (anjurannya), tetapi kebanyakan konsumen menggunakannya hanya setengah anjuran. Minimal sunscreen yang diaplikasikan harus sebesar dua jari telunjuk dan pastikan produk diaplikasikan di semua permukaan kulit. Jangan lupa area pelipis, kedua sisi pipi, hingga leher. Karena mengandung beberapa bahan hidrofobik dan dikhawatirkan komedogenik, setelah beraktivitas pastikan untuk mencuci wajah yang bersih. Bila perlu double cleansing.

Sebelum dan sesudah pemakaian. Warna di kulit tidak menjadi sangat putih bahkan kembali ke warna asli kulit
sumber: dokumen pribadi
Memanfaatkan kandungan silikonnya, kamu bisa menggunakan sunscreen ini sebagai primer. Jadi cocok untuk makeup sehari-hari. Tetapi pastikan produk meresap dulu sebelum ber-makeup. Pengalaman saat menggunakannya, pada aplikasi menit pertama wajah terlihat sangat putih. Hal ini wajar karena produk belum meresap. Tunggu beberapa saat baru lanjutkan dengan pemakaian foundation/bedak. Untuk makeup acara formal, jika diadakan siang hari mungkin kamu bisa memakai produk ini. Namun untuk makeup pada malam hari, wajah dapat terlihat lebih putih (white cast/ tembok).

Jangan menggunakan produk ini kalau sedang hamil atau menyusui. Jangan menggunakan produk ini jika pergi ke pantai. Untuk ke pantai atau daerah dengan intensitas sinar matahari yang tinggi, gunakan produk dengan SPF 50 ke atas dan memberikan perlindungan yang luas. Skin Aqua juga memiliki produk sunscreen dengan SPF 50 dan khusus untuk ke pantai.

Komentar dan pengalaman pribadi 
Dari produknya sendiri terlihat seperti krim tapi sebenarnya gel, mungkin karena warnanya putih. Produk ini cukup menarik untuk saya karena komposisinya yang menggunakan crosspolymer dan mudah dibaurkan.

Sunscreen ini juga mengklaim sebagai sunscreen gel yang melembabkan. Setelah aplikasi memang kulit menjadi lebih lembab dan lembut. Selain itu, kulit saya juga tidak merasa panas, sehingga produk ini memang water-based dan cocok untuk kulit normal dan oily. Berhubung soal melembabkan, kalau saya sedang terburu-buru, sunscreen ini juga bisa dipakai sebagai moisturizer + pelembab. Jadi tidak perlu memakai moisturizer. Untuk musim dingin, saya tetap anjurkan menggunakan moisturizer (water-based).

Untuk produk sunscreen, saya lebih sering beli produk ini karena harga yang terjangkau dan packaging-nya yang praktis,

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.