REVIEW: Treasure Island Zhenmei-Alishan Oolong Tea Polyphenol Tencel Mask 【寶島珍美 阿里山馬龍茶多酚天絲面膜】


Produk masker yang akhirnya aku review setelah sekian lama tidak coba-coba masker. Masker ini sebenarnya aku dapat saat mengikuti International Conference untuk Cosmetic Science di Taiwan. Ini pertama kalinya juga aku review produk kosmetik & skincare Taiwan.

Untuk harga, karena ini hadiah souvenir, aku tidak tahu harganya berapa, tapi dari websitenya sendiri menyebut berikut: 

Dengan anggapan 1 NTD adalah Rp.501 (per tanggal 17 Desember 2020). 

Overall, yang menarik dari masker ini adalah serum yang banyak dan kain tipis. Karena ini masker, jadi satu produk hanya bisa digunakan satu kali dengan penggunaan selama 20-25 menit. 

Untuk packaging, sama seperti masker pada umumnya, jadi tidak bisa dikatakan travel friendly atau tidak travel friendly. Tapi dari produk Taiwan yang sudah aku lihat selama tiga bulan ini, kebanyakan masker dijual sebanyak 20 lembar per box, jadi berbeda dengan di Indonesia yang setiap pembelian hanya satu masker. Jadi untuk masalah travel friendly/unfriendly, kembali ke pendapat masing-masing. 

Komposisi
Secara keseluruhan masker ini dikhususkan untuk melembabkan kulit karena mengandung humektan dan emollient. Dari keseluruhan komposisi, produk ini bebas paraben, sulfat, alkohol, silikon, dan fungal acne. Wow~


Kelebihan 
  1. Mengandung bahan humektan dan emollient seperti sodium hyaluronate, collagen, caprylyl glycol, glycerin. Bahan ini bisa digunakan baik untuk kulit berminyak dan kulit kering. 
  2. Mengandung Camellia sinensis extract sehingga masker ini mengandung antioksidan dan bersifat soothing, sangat cocok untuk mengurangi kemerahan kulit. Ditambah dengan kandungan Ginkgo biloba extract yang dapat menurunkan inflamasi dan soothing kulit. Cocok deh kalau digunakan untuk PM routine. 
  3. Tidak mengandung alkohol jadi untuk kulit sensitif bisa mencobanya. Walau tetap harus cek lagi ingredient dan patch testing. 
  4. Komposisinya yang tidak terlalu banyak, mudah untuk pemula skincare yang sangat waspada dengan ingredient produk. Kalau terjadi reaksi alergi/sensitif, lebih mudah untuk menentukan bahan penyebabnya
  5. Adanya kandungan Luffa extract dan Rhinicanthus communis extract, kedua bahan ini masih belum terkenal secara luas, tapi dari penelitian yang ada luffa extract memiliki potensi antioksidan, antiinflamasi, moisturizing, sementara Rhinicanthus communis extract berperan sebagai astringent 
Kekurangan 
Kekurangan disini bukan dari bahannya, tetapi lebih ke akhir pemakaiannya. Walau membuat kulit sangat lembab, kelembaban akan cepat hilang kalau tidak dilayer dengan moisturizer. 

Hal yang Baru
Masker ini menggunakan kain jenis Tencel (lyocell), merupakan serat/fiber selulosa yang diperoleh dari bubur kayu. Bahan ini bersifat recyclable. Karena masker terbuat dari Tencel, resiko irritasi dari penggunaan masker lebih berkurang. Selain itu, karena lebih lentur, masker melapisi kulit wajah dengan lebih merata. Namun, kebanyakan masker yang menggunakan bahan ini agak mahal sih. 

Untuk Jenis Kulit Apa? 
Berdasarkan manfaatnya untuk soothing dan moisturizing (hydrating dan emollient), semua jenis kulit bisa mencoba produk ini. Masker bisa membantu menambah kandungan air di dalam kulit untuk pemilik kulit berminyak dan dehidrasi tanpa membuat kulit terasa sangat lengket. Untuk kulit kering, humektan dan emollient sangat diperlukan. Untuk kulit sensitif, bisa menggunakan bahan ini karena bersifat soothing. Untuk kulit jerawat juga bisa karena tidak membuat kulit terasa sangat lengket, masker ini mengadung extract yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. 
 
Cara memakai dan reaksi kulit (kamu bisa lihat versi video nya disini)
  1. Masker bisa digunakan baik AM atau PM routine, tapi secara personal aku lebih memilih di PM routine karena hidrasi, moisturizing, dan soothing pada malam hari lebih diperlukan kulitku daripada AM routine. 
  2. Masker digunakan setelah mencuci muka. Boleh dalam keadaan lembab, tetapi bukan dalam keadaan basah (dripping). 
  3. Masker digunakan selama 20-25 menit. Tidak perlu dibilas 
  4. Aplikasikan moisturizer untuk mencegah penguapan 
Setelah digunakan kulit terasa sejuk dan kemerahan yang biasanya muncul di sekitar pipi berkurang. Masker ini cocok banget untuk extra boost kelembaban kulit terutama di cuaca dingin atau cuaca tropis. 

Pengalaman Pribadi
Aku sendiri kaget dengan serum yang super banyak hingga lengan dan kaki bisa mendapatkan serum dari produk masker ini. Selain itu aku biasanya kesal dengan masker tebal yang membuat lipatan maskernya tercetak diwajah, tapi untuk produk ini benar-benar tidak sama sekali. Masker juga menutupi hampir semua wajah. Ukurannya yang cukup lebar juga pasti bisa meng-cover semua ukuran wajah. 



Dari segi tekstur, tekstur sebelum menggunakan sangat melembabkan, sejuk, dan terasa seperti "mudah" terserap. Hasil akhir juga ringan tapi kulit terasa lembab. Aku juga bisa lihat kemerahan yang biasanya muncul di pipi lebih berkurang. Pagi harinya, kulit aku pun masih terasa plumped dan suppled. 


Melihat dari harga, mungkin gak sesuai untuk budget mahasiswa/remaja. Paling masker ini lebih cocok digunakan untuk extra boost skincare untuk pergi ke acara-acara khusus. 

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.