REVIEW Tony Moly The Chok Chok Green Tea Water Cream



Produk ini terkenal banget kalau kita sedang membahas skincare yang mengandung green tea (teh hijau). Karena setiap kali saya survey produk berbahan  green tea, selalu direkomendasi produk ini akhirnya saya penasaran untuk membuat reviewnya. 


Dari segi harga, moisturizer ini sudah melebihi batas budget saya. Umumnya berat 60 ml diharga Rp 235.000, tetapi karena saat itu sedang turun harga saya bisa beli seharga Rp 200.000. Overall, produk ini adalah moisturizer yang lebih banyak mengandung air dan emollient dibandingkan produk khusus moisturizer yang bisa mengandung bahan oklusif. Dari segi tekstur dan finishingnya juga lebih cocok untuk kulit berminyak. 


Saat berbicara soal moisturizer, tidak ada jumlah pemakaian yang sama untuk setiap orang karena semuanya kembali lagi pada finishing akhir dan produksi sebum masing-masing. Untuk saya sendiri, dengan berat 60ml, moisturizer ini tahan lama, mulai dari 17 Agustus hingga 20 November (3 bulan). Sesuai banget dengan ukuran dan pemakaiannya, juga lama waktu terlama yang diperlukan untuk sebuah produk skincare memberikan hasil. 




Packaging 
Terbuat dari golongan plastik other. Secara keseluruhan sih bahannya kuat, tapi kalau jatuh juga bisa saja rusak. Jadi setiap kali beres memakai, saya seringnya taruh kembali di dalam bungkusnya. Karena ukurannya yang besar juga, tidak travel friendly kecuali kamu punya travel skincare bag. Tapi sayangnya produk ini tidak menyediakan spatula, tetapi untuk saya sendiri masih okelah. Masih bisa menggunakan tangan yang habis selesai mandi atau mencuci tangan. 

Komposisi


Tidak mengandung paraben, sulfat, dan alkohol. Namun tidak fungal acne safe karena memang menggunakan beberapa bahan yang masih turunan fatty acid. Karena produk ini adalah moisturizer, wajar bila ada bahan silikon yang bertujuan membuat kulit lebih smooth dan memberikan barrier breathable. 

Kelebihan 
Dilihat dari komposisinya, memiliki beberapa kelebihan seperti:
  1. Mengandung Camellia sinensis leaf extract sebanak 63%. Ini adalah keunikan dari produk ini yang menggunakan bahan teh hijau cukup tinggi. Green tea sangat diperlukan untuk kulit yang sedang inflamasi karena merupakan antioksidan (katekin). Sudah banyak juga penelitian yang memback-up manfaat green tea dalam produk skincare walaupun untuk produk ini kita tidak bisa tahu secara pasti jenis dan konsentrasi antioksidan atau polifenol yang dikandungnya. 
  2. Selain green tea, bahan lain yang berperan sebagai antioksidan adalah 3-o-Ethyl ascorbic acid (walaupun di urutan terakhir) dan soothing seperti allantoin.
  3. Bahan yang berperan sebagai emollient seperti glyceryl stearate, stearyl alcohol, dan dimethicone. Karena mengandung fatty alcohol, wajar jika dibilang mungkin tidak cocok untuk fungal acne.
Kekurangan 
  1. Mengandung fatty alcohol yang mungkin tidak cocok untuk fungal acne. Tetapi pada kenyataanya orang lebih sering mengalami fungal acne di dekat dahi dan punggung. Tapi lebih baik tetap lakukan path test. 
  2. Menggunakan Citrus Aurantium Dulcis peel oil dan Citrus Aurantium Bergamia fruit oil. Bahan ini berperan sebagai perfuming dan memang aromanya juga tercium saat menggunakannya, tidak terlalu kuat tapi kamu pasti bisa tahu bahwa produk ini memiliki wangi citrus yang segar. Masalahnya adalah kedua bahan ini bisa saja mengandung limonene yang untuk beberapa orang adalah alergen. Furanocoumarin juga dikandung oleh kedua bahan ini, walaupun sekarang sudah banyak versi bahan ini yang bebas furanocoumarin. Senyawa furanocoumarin memiliki sifat phototoxic, singkatnya membuat kulit sensitif terhadap cahaya matahari. Lakukan patch test dan jangan lupa menggunakan sunscreen!
Untuk Jenis Kulit Apa? 
Dari bahannya yang tidak banyak mengandung bahan oklusif, moisturizer ini lebih cocok untuk kulit berminyak, kombinasi, dan normal. Tetapi pemilik kulit kering masih bisa menggunakan produk ini walau kelembabannya kurang baik untuk jenis kulit mereka. Untuk kulit sensitif, sebaiknya menghindari produk ini karena adanya bahan citrus yang mungkin mengandung limonene dengan konsentrasi yang tidak bisa ditoleransi kulit mereka. 

Cara memakai dan reaksi kulit 
Ada dua cara umum untuk menggunakan bahan ini:
a. Langsung diaplikasikan pada kulit wajah
  1. Untuk cara ini, sebisa mungkin menggunakan spatula atau tangan yang bersih. 
  2. Ambil sesuai kebutuhan kulit (untuk hal ini kamu harus trial and error). 
  3. Kemudian letakan di telapak tangan, dan tutup kemasan.
  4. Aplikasikan ke wajah dengan cara di-dot-dot. Tiga dots di pipi kanan dan pipi kiri, dua dots di dahi, dan satu dots di dagu. Jangan lupakan bagian leher. 
  5. Sebarkan produk. Pijat juga bisa jadi optional, tetapi saya menghindari ini karena kulit saya sangat rentan memerah jika tergesek atau dipijat terlalu keras. 
  6. Sisa produk di jari tangan diaplikasikan ke hidung. 
Karena hidung cenderung menghasilkan sebum lebih banyak dari bagian lainnya, jadi produk moisturizer yang digunakan sedikit saja 

b. Sebar di telapak tangan
  1. Ambil produk sesuai kebutuhan dan letakan pada telapak tangan. Tutup kemasan
  2. Sebarkan produk pada kedua telapak tangan
  3. Aplikasikan pada kedua pipi, dahi, dagu 
  4. Sebarkan ke seluruh wajah, leher, dan terakhir hidung 
Cara ini bisa untuk mereka yang memiliki tipe kulit sangat berminyak atau yang memiliki sunscreen yang sangat moisturizing, sehingga moisturizer yang digunakan, bila terlalu banyak, dapat membuat wajah terasa berat.  

Pengalaman Pribadi
a. Aplikasi
Saat pertama kali mencoba, saya tahu produk ini akan cocok karena tidak terlalu banyak bintik-bintik jerawat kecil yang timbul. Tau kan jerawat kecil yang muncul kalau terlalu banyak menggunakan moisturizer. Tapi sunscreen yang saya gunakan adalah sunscreen yang mengandung emollient yang cukup tinggi, sehingga saya harus improvisasi.



Jadi pada pagi hari, karena akan menggunakan sunscreen, saya menggunakna cara (b), Namun karena malam hari, kulit mudah kehilangan kandungan air, saya mengaplikasikan moisturizer ini sedikit lebih banyak dengan cara (a). 

Untuk meredakan peradangan, karena di saat yang sama saya juga menggunakan niacinamide (pm routine) dan vitamin c (am routine), peradangan pada jerawat sangat reda. Ada daerah wajah yang berjerawat kecil dan saat itu saya iseng hanya mengaplikasikan moisturizer saja, besoknya peradangannya juga sedikit lebih reda walau masih terlihat kemerahan 

Karena mengandung silikon, moisturizer ini juga membuat kulit lebih halus dan licin. Sangat cocok sebagai dasar foundation matte atau two-way cake. Hasil akhir dari kombinasi ini membuat kulit tidak terlalu kinclong, tetapi juga tidak kering, kelembaban sangat seimbang lah

Yang menjadi keraguan saya adalah pada saat pelindung kemasan dibuka. Karena saat itu isinya masih penuh, penutup pelindung ini bisa bergeser dan bahkan jatuh. Sebenarnya tanpa pelindung ini juga tidak apa-apa, hanya saja saya tidak suka kalau produk moisturizer saya menempel di tutup kemasan. Mungkin kalau ada pengaman plastik yang bentuknya melingkar seperti gambar di bawah ini, bisa membantu agar penutup pelindung tidak bergeser: 

b. Apakah bisa diaplikasikan dengan retinol?
Karena retinol yang saya gunakan diformulasikan bersama squalane, saat bercampur dengan produk ini, campuran sedikit terpisah. Tapi setelah kamu mengaduknya sedikit lebih lama, lama-lama retinol dan moisturizer ini juga ikut tercampur. Selama saya coba kombinasi ini, hasil akhir lebih rata dan nyaman. Cara ini sangat membantu untuk mengurangi dampak kering dari retinol dan juga membuat retinol tersebar rata dan nyaman di kulit. 

c. Tekstur 
Teksturnya seperti air, tapi juga melembabkan! Selain itu, hasil akhirnya juga membuat kulit dingin. Teksturnya seperti ini: 


Apakah produk ini akan saya repurchase?
Karena cocok untuk kulit berminyak, sejuk, bisa dikontrol. Hasil hidrasi dan moisturizing juga bagus:

Tangan yang tidak digunakan krim

Tangan yang diaplikasikan krim

Walau cahaya sedikit berbeda, tapi dibagian permukaan kulit yang dipaparkan cahay, bisa terlihat garis-garis halus tangan lebih tersamarkan karena lebih lembab. Selain itu, karena bisa membantu penyebaran retinol yang saya gunakan, saya akan repurchase ^^

Semoga artikel ini membantumu ^^ 


No comments:

Powered by Blogger.