REVIEW The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Semenjak lepas dari produk dokter, ada kepikiran ingin sekali menggunakan cleanser yang mengandung anti jerawat tetapi tidak membuat kulit kering. Akhirnya saya jatuh pada produk ini dan sudah habis digunakna. Jadi saatnya direview!  


Produk ini adalah cleanser yang dikhususkan untuk kulit berjerawat, yang umumnya dimiliki kulit berminyak. Untuk ukuran 250 ml (mereka juga menjual ukuran kecil juga) harganya sekitar Rp. 120.000 - 200.000. Rentang harga yang luas ini karena dipengaruhi lagi oleh online shop, distributor, dan ketersediaan stok.  

Packaging 

Untuk packaging, menggunakan bahan plastik dan berwarna cukup gelap (dan ini bagus karena produk ini mengandung tea tree oil yang sensitif terhadap sinar matahari. Untuk travelling friendly-tidaknya, tergantung lagi pada ukuran. Yang pasti ukuran 260 ml tidak cocok untuk dibawa travelling karena terlalu besar. 



Bahan plastik ini sebenarnya membuat kita aman dari ketakutan pecah. Tetapi tetap saja bahan plastik ini masih memiliki kemungkinan pecah. Apalagi saat diletakan dekat shower atau tempat sabun. Lebih baik ditempatkan dibagian sudut kamar mandi yang terhindar dari kemungkinan tersenggol. 

Bagaimana dengan tutupnya? Sangat aman. Jadi jika terantuk tidak mudah terbuka. Tetapi entah mengapa saat posisi botol dibalikan (biasanya saat produk sudah mau habis) sangat mudah produk bocor sehingga bukannya lebih hemat, malah lebih boros..hehe..heeee hiks



Komposisi
Secara keseluruhan, bebas paraben dan silikon. Berhubung cleanser, ya jelas mengandung surfaktan (sulfat) dan alkohol. Adanya alkohol ini tidak akan membahayakan kulit karena produk cleanser adalah produk wash-off dimana paparannya hanya sebentar. 



Kelebihan 
  • Gliserin sebagai humektan yang membantu meningkatkan kadar air di dalam kulit. 
  • Panthenol, sudah banyak saya bahas di dalam blog, hehehe. Panthenol ini berperan sebagai bahan soothing, humektan, dan juga membantu memperkuat skin barrier kulit. 
  • Allantoin, sebagai bahan soothing yang sangat cocok untuk mengurangi inflamasi jerawat. 
  • Melaleuca alternifolia Leaf Oil, atau nama lainnya tea tree oil memiliki sifat antiseptik dan antiinflammatory. Dalam produk ini bahan ini berperan sebagai anti-acne. Tetapi untuk kulit sensitif, harus hati-hati menggunakan bahan ini. 

Let's talk about surfaktan 
Surfaktan yang digunakan dalam produk ini sangat banyak, tetapi yang paling berperan dalam membersihkan adalah sodium laureth sulphate. Walaupun "berbau" sulfat sebenarnya jenis surfaktan ini masih lebih gentle daripada surfaktan sodium lauryl sulphate. Selain itu, ditambahnya cocamidopropyl betaine membuat sifat cleanser lebih gentle tetapi masih tetap membersihkan. Surfaktan jenis lainnya ada yang bersifat membersihkan, bersifat mengurangi potensi iritasi, juga memberikan sifat emollient pada kulit.  

Kekurangan 
  • Alkohol, tapi konsentrasi sangat kecil ditambah ini produk wash off jadi tidak akan membuat kulit menjadi sangat kering. 
  • Tea tree oil mengandung banyak bioaktif yang bisa saja merupakan alergen pada kulit tertentu, untuk kulit yang mengalami skin barrier yang rusak atau sedang sensitif, sebaiknya tidak menggunakan produk ini, kecuali kamu sudah yakin dengan jenis kulitmu dan sudah melakukan patch test. 
  • Menthol, sebagai soothing tetapi beberapa orang bisa alergi dan bisa menyebabkan kulit kering secara berlebihan. Tetapi semua kembali lagi pada formulasi, jadi sebaiknya kamu juga melakukan patch testing.  

Untuk Jenis Kulit Apa? 
Produk ini lebih ditunjukkan pada pemiliki kulit berminyak yang berjerawat dimana menginginkan hasil kulit akhir yang lembab. Untuk kulit sensitif dan kerinng sebaiknya tidak menggunakan produk ini, kecuali melakukan patch testing untuk mengetahui apakah ada reaksi lain atau ketidak cocokan formula. 

Mengapa bisa ada ketidakcocokan formula sekalipun kulitmu berminyak? Kombinasi surfaktan akan memberikan variasi melembabkan, membersihkan, dan foaming, dimana hasil akhir ini ditentukan lagi dengan seberapa banyak sebum yang dihasilkan kulitmu dan bagaimana gaya hidupmu.  Contoh, untuk yang sering menggunakan makeup, produk ini harus dikombinasikan lagi dengan double cleansing yang diawali dengan makeup remover atau oil cleansing. 

Cara memakai dan reaksi kulit 
Mencuci wajah, khususnya untuk kulit berminyak tidak boleh sampai kulit terasa kesat. Rasa kesat bisa jadi pertanda skin barrier akan rusak. Dalam mencuci wajah, harus dua kali sehari dan tidak boleh mencuci lebih dari 60 detik. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengangatkan skin barrier berlebih. Skin barrier pada dasarnya berbahan lipid sehingga masih bisa ditarik oleh surfaktan dari produk cleanser.  Baca lebih lengkap mengenai surfaktan dan daily cleanser di @mich.amy . Cara menggunakan produk ini: 
  1. Pertama cuci tangan dengan sabun dan basahi wajah
  2. Kemudian tuang produk sebesar koin Rp 500 dan busakan di tangan. Cara ini untuk mengurangi potensi paparan berlebihan yang bisa terjadi jika kamu langsung mengoleskan produk ini di wajah. 
  3. Setelah berbusa aplikasikan pada wajah. Busa ini membantu persebaran produk juga. 
  4. Pijat wajah tidak kurang atau lebih dari 60s. Mencuci wajah lebih dari 60 detik dapat menyebabkan pengangkatan skin barrier berlebihan sehingga hanya meningkatkan TEWL dalam jangka panjang. 
  5. Jangan lupa sudut wajah seperti kuncup hidung, garis rambut, serta leher. 
  6. Bilas dan pastikan tidak ada produk yang tersisa
  7. Pat-pat dengan handuk. Jangan menggosok wajah dengan handuk. 
Pengalaman Pribadi
Tekstur produk berwarna hijau. Walaupun berupa gel, produk ini cukup cair dari kebanyakan cleanser gel yang saya gunakan. Selain itu aroma menthol dan tea tree oil nya cukup tercium, yap salah satu keunikan The Body Shop dalam memformulasikan produk-produk mereka. 

Untuk pertama kali menggunakannya cukup kesulitan karena belum menemukan takaran produk yang harus digunakan. Ditambah lagi seberapa basah tangan kita untuk menghasilkan busa yang sesuai dengan selera. 



Paling penting adalah produk yang dituang tidak boleh terlalu banyak dan ini saya gunakan dengan membatasi pemakaian produk hanya sebesar koin Rp500, untuk beberapa kasus misalkan wajah lagi sangat kotor, jumlah produk bisa diperbanyak sedikit. Sementara itu untuk tangan yang basah, tangan pada kondisi membasuh wajah untuk pertama kali adalah kondisi tangan yang menurut saya paling cocok untuk menghasilkan busa. 

PS: busa tidak menentukan apakah cleansermu akan mengangkat kotoran wajah dengan bersih. Karena ada juga cleanser tidak berbusa yang lebih mengangkat kotoran. Semuanya dipengaruhi lagi dari formulasi. 

Apakah bisa double cleansing? Bisa 
Double cleansing di sini adalah mencuci wajah dengan produk cleanser sebanyak dua kali. Tetapi cara ini hanya saya gunakan pada musim panas, ketika saya mengaplikasikan sunscreen cukup tebal. Sebenarnya produk ini sangat bagus dalam mengangkat kotoran, sehingga penggunaanya lebih baik sebagai daily cleanser dengan satu kali pemakaian untuk setiap skincare routine.  

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.