Makeup Kits #5: Tempat Membeli Produk Makeup

Sekarang brand-brand menjual produk mereka secara online melalui website official mereka atau website online shop. Namun, untuk yang baru mengenal produk dan sedang mencari produk yang cocok untuknya, mereka tetap memerlukan toko secara fisik. Berikut toko-toko tempat kamu dapat membeli produk makeup dan skincare. 

1. Department Stores 
Contoh: Matahari, Sogo


Menjual brand kosmetik dan skincare high-end di counter khusus. Di sana kamu bisa mencoba produk dan bertanya pada pegawai yang ditunjuk langsung dari brand-nya. Pegawai di sana juga sudah memahami cara mengaplikasikan makeup dan skincare tersebut sehingga informasi yang diberikan akan sangat berguna untuk kamu. Mungkin yang jadi kekurangannya adalah ketidak nyamanan karena kamu seakan dipaksa untuk beli barang tersebut. Pegawai di sana bersikap demikian karena mengejar komisi, jadi wajar.

2. Drugstore dan Farmasi
Contoh: Watson, Guardian, Century


Selain menjual beberapa produk skincare dan kosmetik juga, di tempat ini cocok untuk membeli produk yang bersifat bersih seperti kapas, cotton buds, penghapus nail polish, makeup sponges, Brand-brand yang ada cukup banyak tetapi kamu tidak bisa mencoba, terutama skincare. Untuk beberapa produk kosmetik mungkin masih bisa mengajukan pertanyaan karena ada pegawai dari brand tersebut (hanya perlu lihat seragamnya). Di Indonesia sendiri, tempat ini menjadi target orang-orang yang ingin mencoba skincare dan kosmetik dengan harga yang masih terjangkau. Selain itu, ada diskon juga, hehehe..

3. Beauty Supply Shops
Toko khusus yang menjual peralatan kecantikan dan salon. Di sini kamu bisa membeli brush, sponge, fake eyelashes, hairdryer, penjepit bulu mata, scotch, dan peralatan lainnya seperti kotak dan koper makeup, hingga kursi cuci rambut. Harga yang ditawarkan juga lebih murah dan pegawainya tidak memaksa atau terburu-buru. Sulitnya menemukan toko ini karena mereka tidak ditemukan di mall dan memiliki nama tokonya sendiri.

sumber: http://destinasiliburan.com/toko-kosmetik-murah-di-bandung/

Contoh: (untuk kawasan Bandung) Elisabeth Beauty Supply, Mahmud Store, Toko Maduson
Mungkin di mall seperti Tammia dan Armando Caruso termasuk Beauty Supply Shops.

4. Beauty Superstores
Contoh: Sephora

sumber: https://iprice.co.id/trend/fashion-kecantikan/9-tips-hemat-belanja-kosmetik-di-sephora-yang-perlu-kamu-ketahui/

One-stop shops
memiliki banyak brand dari luar hingga lokal, high-end hingga indie atau niche. Jumlah brands yang ditampilkan lebih banyak daripada jenis toko lainnya. Di sini tempat yang cocok untuk kamu mengenal brand baru, terutama brand internasional sekaligus mencoba beberapa sampelnya. Pegawai di tempat ini juga memiliki pengetahuan yang luas dan akan bersedia menjawab pertanyaanmu.

5. Specialty Store
Contoh: (Nama brand tersebut), The Body Shop, L'Occitane, Sensatia Botanica, Martha Tilaar

sumber: https://nowbali.co.id/sensatia-opens-sixteenth-store-at-sidewalk-jimbaran/

Toko yang berdiri sendiri. Jadi toko dari brand tersebut memiliki kios mandiri di mall atau lokasi tertentu. Tempat yang cocok kalau kamu sudah memiliki produk tertentu dari brand tersebut atau ingin mencoba produk lain dari brand yang kamu sukai.

6. Online Store
Jika kamu sudah memiliki produk dari brand tertentu yang kamu sukai, belanja di online store menjadi pilihan terbaik untuk beli lagi. Dari website resminya kamu bisa menemukan informasi produk baru atau warna baru.

https://www.marthatilaarshop.com/
Itulah enam jenis toko untuk kamu membeli kebutuhan makeup dan skincare. Kelebihan dan kekurangannya sebenarnya kembali lagi pada kenyamanan masing-masing. Ada orang yang lebih suka membeli barang dari mall, ada juga yang tidak keberatan mencari toko-toko tertentu. Semoga artikel ini membantumu :)

Referensi:
Bobbi Brown Makeup Manual

No comments:

Powered by Blogger.