REVIEW Sariayu Martha Tilaar Putih Langsat Body Scrub


Lulur adalah ritual mandi yang penting. Sel kulit mati yang berlebih dapat membuat kulit terlihat kasar dan kusam. Lulur adalah solusi untuk menghilangkan sel kulit mati. Namun, jujur saja deh, kadang kita terlalu lelah menggosok produk lulur. Alih-alih kulit lembut dan cerah, kita malah berkeringat. Padahal sedang mandi. Adakah produk lulur yang bagus untuk menjawab masalah ini?


Sariayu Putih Langsat Body Scrub adalah produk scrub dari brand lokal Indonesia, Sariayu menyediakan produk-produk kecantikan herbal dengan nuansa ketimuran. Mengenai soal herbal, semakin banyak konsumen mencari produk herbal karena lebih aman, contohnya Sariayu Putih Langsat Body Scrub yang menggunakan ekstrak bunga Hibiscus dan Langsat.



Apa Kelebihannya?
Produk ini cocok untuk orang yang baru mencoba memakai scrub karena terdapat dua kelebihan:
Salah satu yang membuat orang malas scrub adalah menunggu produk kering. Namun, produk scrub ini lebih cepat kering daripada produk scrub lain yang sejauh ini sudah saya coba. Jadi, tanpa perlu menunggu lama, saat mengaplikasikan produk baru ke dua tangan saja produk sudah bisa digosok.

Butiran 'scrub'-nya juga tidak terlalu besar sehingga kulit tidak akan pedih setelah digosok. Kebanyakan produk yang saya pernah coba memiliki partikel yang besar. Memang menjadi lebih mudah menggosok kulit mati, tetapi setelah pemakaian, kulit menjadi merah, kadang juga pedih.

Aroma sangat lembut. Khusus untuk kulit sensitif, fragrance atau parfum dalam produk kadang membuat kulit iritasi. Namun produk ini memiliki aroma yang lembut dan tidak pekat.

Bagaimana Memakainya?
  1. Lakukan scrub sebelum mandi. Basahi tubuh dengan air, sedikit saja. Jangan langsung menggunakan shower, tetapi menggunakan telapak tangan yang telah dibasahi. 
  2. Ambil produk scrub dan balurkan ke tubuh. Ketika produk sedikit mengering, baru gosok perlahan untuk merontokan kulit mati.  
  3. Lakukan gerakan memutar perlahan saat menggosok. Cara ini jauh lebih aman dan lebih efektif merontokan kulit mati, daripada menggosok dengan arah atas-bawah dengan kuat. Menggosok dengan gerakan atas-bawah terlalu kasar untuk kulit. Kulit dapat menjadi iritasi bahkan kendur. Untuk apa ada butiran scrub jika dipakai terlalu kasar? 
  4. Bilas tubuh di bawah shower. 
  5. Mandi seperti biasa. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan residu produk dan kulit mati yang sebelumnya tidak terbilas. 
  6. Setelah mandi gunakan pelembap (body lotion atau body butter) agar kelembapan kulit tetap terjaga. 
Herbal? 
Ada dua bahan herbal dalam produk ini

Ekstrak Buah Langsat (Lansium domesticum var. domesticum)
Langsat adalah tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara, seperti Kalimantan Tengah. Bedakan langsat dengan duku. Walaupun keduanya terlihat mirip, langsat adalah varian Lansium domesticum yang berbeda dengan duku (var. duku). Tanaman langsat dapat digunakan untuk mengobati malaria, disentri, dan diare karena memiliki potensi antibakteri
Sumber: http://lacasamorett.com/


Dalam produk kosmetik
, ekstrak buah langsat mengandung antioksidan yang berperan sebagai anti-aging yang disebabkan oleh radikal bebas. Ekstrak  buah langsat juga dapat menghambat kerja enzim tyrosinase yang berperan dalam pembentukan melanin sehingga dengan pemakaian teratur, kulit dapat menjadi lebih putih. Selain itu, penelitian juga menunjukan penggunaan ekstrak buah langsat dapat meningkatkan kelembapan kulit. Ditambah dengan butiran yang tidak terlalu besar, orang yang memiliki kulit kering juga dapat menggunakan produk ini untuk memperoleh kulit yang lembap.

Ekstrak Bunga Hibiscus (Hibiscus rosa-sinensi)
Bunga Hibiscus atau Bunga Kembang Sepatu adalah tanaman hias yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Sejak dulu bunga (dan daunnya juga) digunakan dalam pengobatan tradisional, teh, bahkan salad.
Sumber: www.houseplantsexpert.com
Dalam produk kosmetik, bunga Hibiscus mengandung antioksidan yang mencegah kerja radikal bebas sehingga dapat menghambat penuaan dini termasuk menghilangkan keriput dan flek yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain sebagai antioksidan, bunga Hibiscus juga memberikan aroma lembut pada produk kosmetik. Selain itu, bunga Hibiscus juga memiliki potensi menghambat enzim tyrosinase, walau tidak seefektif buah langsat.


Kesan Pemakaian Pertama?  
  1. Kulit tidak menjadi merah atau panas. Penelitian membuktikan ekstrak buah langsat tidak menyebabkan iritas atau alergi. Saat pertama kali menggunakannya juga kulit tidak menjadi merah atau panas. 
  2. Kulit mati langsung terangkat. Selama dua bulan saya tidak melakukan scrub karena sibuk kuliah dan magang, ditambah dengan sinar matahari dan asap kendaraan, kulit menjadi gelap. Setelah produk ini dipakai, kulit langsung menjadi bersih dan lembut. Produk yang cepat kering juga membuat saya tidak perlu menunggu lama dan bisa langsung menggosok butiran scrubnya. Scrubing juga jadi cepat selesai. Setelah pemakian juga kulit terasa lebih halus, lembap, dan cerah
  3. Cocok banget untuk yang pertama kali mencoba scrub dan pemilik kulit kering. Bulir yang tidak terlalu besar mencegah kulit terluka akibat exfoliate berlebihan. Namun perlu diingat, pemakaian scrub sebaiknya 1-2 minggu sekali untuk memberikan kesempatan kulit baru tumbuh.


Semoga artikel ini membantumu :)

3 comments:

  1. Oh jd ga boleh d pakai setiap hari yah?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena tetap harus mengikuti pertumbuhan kulit dan keseimbangan mikroba kulit (menjaga skin barrier)

      Delete

Powered by Blogger.