Makeup Kit #4: Make Up Essential For Travel


Packing make up saat travel bisa dibilang susah-susah gampang. Karena ingin bawa ini-itu akhirnya overpacking. Alih-alih make up digunakan semuanya, mungkin hanya sepertiganya saja karena sibuk harus bergegas dari destinasi satu ke yang lainnya. Lalu produk apa yang harus dibawa saat travel?

Prinsipnya di sini adalah:
Simple as possible 

Mau saat travel kita ingin pakai full make up atau natural sebaiknya keep it simple, baik jumlah produk dan jenis make up. 

Jujur saja, sudah mengemas banyak produk, berapa sih yang benar-benar akan digunakan? Hampir tidak semuanya. Belum lagi overpacking, kita juga harus berdandan ekstra cepat agar tidak menghambat agenda yang lain. Jangan sampai demi kelihatan cantik malah menyusahkan orang lain. Belum lagi, traveling berarti banyak beraktivitas. Jika menggunakan make up tebal, make up akan mudah luntur oleh keringat.

Jadi, produk dan kit make up apa yang harus dibawa?

Bentuk fisik produk make up yang dibawa harus kecil (bahkan jika kita akan pergi menggunakan pesawat, untuk produk cairan harus sekitar 100 ml). Jika produk yang digunakan lebih dari 100 ml, pindahkan produk ke botol kecil.

1. Base Make Up
a. Moisturizer
Moisturizer adalah base make up utama. Harus dibawa dan digunakan. Produk ini akan mempersiapkan kondisi kulit sehingga make up akan lebih menempel dan tahan lama. Penggunaan moisturizer juga akan menurunkan produksi minyak berlebih karena memberi kelembapan pada kulit kering sehingga kulit tidak perlu berespon menghasilkan minyak yang banyak.

Produk: Sariayu Martha Tilaar Putih Langsat Moisturizer

Untuk kulit kering sebaiknya menggunakan moisturizer berbahan minyak. Bahkan bentuk produknya lebih baik seperti cream. Moisturizer dari Sariayu Martha Tilaar Putih Langsat cocok untuk orang yang memiliki kulit kering atau normal.

Produk: Biokos Martha Tilaar Pure Balance 20s Hydro Gel Moisturizer

Untuk kulit berminyak sebaiknya menggunakan moisturizer berbahan air. Lebih baik lagi bentuk produknya sedikit lebih cair. Moisturizer dari Biokos ini cocok untuk kulit berminyak.

b. Powder
Bawa two way cake aja. Produk ini dapat digunakan sebagai bedak atau foundation. Penggunaan two way cake dengan brush atau dengan sponge setelah menggunakan moisturizer membuat make up lebih natural dan tidak cakey.


Produk: Make Over Perfect Cover Two Way Cake 

Jika sudah menggunakan foundation, aplikasikan two way cake hanya dibagian yang banyak memproduksi minyak seperti T-zone, pipi, dan dagu.

c. Foundation (lagi?)
Walaupun two way cake dapat digunakan sebagai foundation, membawa foundation lagi juga tidak apa-apa. Foundation yang dibawa dapat digunakan untuk make up yang lebih coverage. Hanya pastikan foundation memiliki warna sesuai dengan kulit (jangan cari yang membuat kulit terlihat lebih putih) dan dikemas dalam bentuk kecil. 

Produk: Sariayu Martha Tilaar Alas Bedak Kuning Langsat Energizing Aromatic

Dalam mengaplikasikannya, sebaiknya tipis-tipis saja. Penggunaan beauty blender lebih cocok untuk mengaplikasikan foundation dengan tipis. Karena foundation yang tertinggal di beauty blender juga jadi sedikit, mencucinya pun lebih mudah. 

Jika aplikasi menggunakan jari tangan, walaupun hemat jumlah barang yang dibawa, foundation yang diaplikasikan dapat terlalu tebal. Penggunaan dengan brush untuk foundation juga oke, tetapi akan memakan ruang tempat (belum lagi jika ada brush lain yang dibawa). Plus, mencuci brush ber-foundation itu tidak semudah brush lain dan beauty blender. Belum lagi harus membawa brushegg). 


Tidak ada blush on?
Warna pipi merona sebenarnya disebabkan oleh suhu tubuh dan suhu leher. Jika kamu tergolong orang yang sering berkeringat atau memiliki leher panas, saat traveling sebaiknya tidak perlu membawa blush on karena nantinya pipimu akan merona selama beraktivitas.

Pengalaman aja, produk make up yang pertama kali luntur saat berkeringat adalah blush on, lagi pula warnanya juga akan hilang atau tertutup oleh pipi yang merona karena terlalu banyak beraktivitas.


Tidak ada concealer?
Concealer digunakan untuk menutupi flek, jerawat, dan lingkar mata. Namun, saat make up mulai luntur, bagian yang pertama kali tidak nyaman adalah bagian yang terlapisi concealer. Hal ini karena bagian tersebut sudah berlapis produk yang lain. Lebih baik tidak digunakan jika membuat tidak nyaman.

Selain itu, setiap kali wajah berminyak, bagian yang tertutup concealer lebih cepat terlihat (cakey). Tapi jika tetap ingin menggunakan concealer, carilah jenis produk yang cocok untuk jenis kulit, warna satu tingkat lebih terang dari kulit, dan gunakan tipis-tipis saja.

2. Eye Make Up 
a. Eye Shadow 
Eye shadow digunakan untuk membuat mata lebih menarik atau mata lebih terfokus (lebih terlihat depth-nya). Sebaiknya bawa satu palet eyeshadow dengan warna coklat. Warna coklat dipilih karena seperti countoring, dapat digunakan untuk memperdalam lipatan mata, Warnanya yang gelap juga dapat digunakan untuk membentuk eyeliner yang lembut.

Jika eyeshadow yang digunakan memiliki efek matte / tidak ada glitter, eyeshadow juga dapat digunakan untuk menggambar alis (tapi harus membawa eyebrow brush)

Produk: PAC Martha Tilaar District X -Hotel Chelsea

Untuk aplikatornya sendiri, daripada menggunakan jari tangan, bawa saja eye smudge brush. Bentuknya yang bulat kecil membantu kita mengaplikasikan eyeshadow pada sisi yang lebih detail. Karena bentuknya juga kecil, brush ini cocok untuk mengaplikasikan eyeshadow di lipatan mata (crease).

b. Mascara 
Jika kamu pemilik bulu mata yang panjang dan lentik (kebanyakan orang Indonesia punya bulu mata yang panjang dan lentik :) ), tidak membawa maskara juga tidak apa-apa. Penggunaan maskara selain membuat bulu mata terlihat lebih tebal, membuat mata terlihat lebih jelas walaupun tidak menggunakan eyeliner. Membawa penjepit bulu mata dapat dipertimbangkan. Jika bulu mata asli memang dasarnya tumbuh turun, bawa saja.

Produk: B: La Tulipe Wonder Mascara; C: The Face Shop Designing Eye Brow Pencil - Dark Brown 

c. Eyebrow Pencil 
Sudah menjadi kewajiban membawa eyebrow pencil. Gunakan jenis eyebrow pencil yang mudah dikontrol dan memiliki warna sesuai dengan warna rambut atau warna alis. Paling enak menggunakan eyebrow pencil dengan ujung angled.

3. Lip Make Up
Gunakanlah satu produk saja. Saat traveling, kita lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan dan berjalan. Akan menyusahkan jika membawa produk lip make up yang banyak. Lebih baik fokuskan pada kesehatan bibir daripada warna lip make up yang bold. Maka saya lebih memilih lip balm dengan stain atau lip stick yang sangat melembapkan dengan sedikit warna.

Produk: Kailijumei Secret Jelly Flower Enchanted Lipstick - Barbie Doll Powder

Jika ingin menggunakan lip stick atau lip cream, carilah warna yang natural atau nude. Warna ini akan lebih aman dalam dandanan saat travel. 

PS: warna bibir natural yang cocok untuk kamu bisa dilihat dari warna bagian belakang bibir.

Bagaimana dengan make up remover?  

1. Cleanser
Karena make up menggunakan sedikit produk, saat membersihkannya juga akan lebih mudah. Namun, untuk bagian tertentu yang detail seperti mata, perlu membawa make up remover. 


Produk: Maybelline Eye and Lip Make Up Remover

Untuk daerah wajah yang lebih luas, produk dapat dihilangkan dengan mencuci muka secara menyeluruh atau dua kali bila perlu.

2. Toner
Akhiri mencuci muka dengan toner. Selain menurunkan pH basa kuli akibat mencuci muka, toner akan mengangkat kotoran wajah yang tidak terbawa saat mencuci muka.

Produk: L'Oreal Paris White Perfect Whitening and Moisturising Toner 

Haruskah membawa Emergency Kit ?
Bawalah beberapa cotton bud dan kapas. Cotton bud tidak perlu dibawa jika sudah jago menggunakan make up. Namun, jika tidak yakin aplikasi maskara atau eyeshadow rapi, lebih baik bawa saja.


Masukan kapas dan cotton bud di dalam container yang bersih. Container juga dapat digunakan untuk menyimpan beauty blender yang telah bersih dan kering.

Tas apa yang digunakan untuk menyimpan semuanya?
Carilah tas transparan yang memiliki zipper. Untuk ukuran tergantung dari jumlah produk yang dibawa. Tas yang dibawa sebaiknya berukuran sedang.


Jenis produk yang dibawa kembali lagi dari masing-masing kebutuhan. Beberapa orang ada yang tidak perlu menggunakna foundation atau maskara. Ada juga yang perlu menggunakan eyeliner. Untuk barang yang dibawa, bawalah sekitar 7-15 barang. Pastikan produk cair bervolume sekitar 100 ml dan disimpan dalam tas transparan.

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.