Makeup Kit #2: Bahan Make Up Brush dan Cara Memegang Brush


Beda bahan beda harga. Beda bahan beda pula fungsinya. Apakah mahal selalu lebih baik? Belum tentu. Apakah brush mahal lebih bagus? Jika memegangnya saja salah, sama saja bohong. Yuk pelajari dulu bahan dan cara memegang brush

Pengalaman setiap orang membeli brush adalah harganya yang mahal. Mungkin kita berpikir mengapa tidak menggunakan brush yang sudah ada. Misalkan brush eyeshadow pada kompak make up. Pertama, brush yang telah disediakan memiliki ukuran yang lebih kecil untuk dapat digunakan. Hal ini menyebabkan hasil make up juga tidak terlal bagus. Jika ingin bermake up yang sangat sederhana, ya boleh saja. Kedua, untuk meminimalkan cost dari bahan make upnya sendiri, bahan kuas yang digunakan berbahan murah. Jika brush memiliki bahan yang bagus, wajar saja jika harganya cukup mahal. Namun baik mahal atau murah, brush yang ada bisa saja menyebabkan alergi pada kulit. 

Dengan membeli kuas sendiri, kita dapat menentukan kelembutan, bahan, dan fungsi yang diinginkan. 

Bahan Brush Ada Apa Aja? 
Brush yang bagus haruslah brush yang tidak mudah rontok. Jadi jika setelah dicuci dengan benar, rambut brush tetap rontok, berhati-hatilah. Umumnya, rambut brush akan rontok jika dicuci terlalu kasar atau sudah sangat lama. Ada dua jenis bahan brush:

Natural Bristles - Bahan Alami
Bahan alami yang digunakan adalah rambut dari hewan seperti tupai, kambing, kuda pony, sable, atau luak. Rambut-rambut mereka membuat brush terasa nyaman karena halus di kulit dan lebih mudah digunakan dalam blending sehingga hasilnya juga lebih natural. Sangat cocok digunakan untuk produk berbentuk powder seperti bedak, blush, atau eye shadow. 

Masalahnya, beberapa jenis kulit mungkin sensitif terhadap rambut hewan. Beberapa kuas yang dibuat dari bahan alami cenderung lebih mahal, walaupun masih ada juga yang murah. Masalah lain muncul karena asal bahan sendiri, yaitu dari hewan. Dengan adanya trend non animal testing juga gerakan untuk mencintai hewan, produsen berlomba-lomba membuat brush dengan bahan alternatif. 

Synthetic Bristles - Bahan Sintetik 
Bahan yang digunakan adalah taklon, nilon, serat poliester, syntho, natrafil. Brush sintetik yang umum digunakan adalah taklon. Bahan-bahan ini dipanaskan dan diwarnai agar menyerupai rambut hewan. Brush dengan bahan sintetik cocok digunakan untuk produk berbentuk krim dan cair seperti concealer, gel liner, lip make up, foundation cair. Brush sintetik juga lebih kaku sehingga aplikasi lebih mudah dikontrol, 

Coba kita bandingkan tiga brush sintetik di bawah ini:  
Terlepas dari bentuk dan fungsi ketiga brush, brush kedua dan ketiga memiliki bahan taklon, Brush taklon pertama yang bergagang hitam saya beli saat SMA, sampai sekarang masih awet. Selain bahan taklon, ada juga brush berbahan syntho. Harganya lebih mahal daripada taklon, tetapi lebih lembut. 

Berbeda dengan yang lain, brush bergagang putih dibeli waktu saat SMP. Saya sempat curiga pada saat saya mencoba dikulit tangan, rambut brush terasa sangat kaku, kasar, dan gatal di kulit. Bahkan ada semacam bau kayu dari brush. Ketika saya cuci, beberapa rambutnya rontok. Jadi hati-hati ya jika memilih kuas. Jika memungkinkan, tes dulu pada kulit lengan belakang. 

Bagaimana Memegang Brush yang Benar? 
Posisi jari sama dengan memegang brush atau kuas pada umumnya. Namun, posisi tangan sangat memengaruhi pengontrolan brush. 


Jarak Dekat
Jarak dekat jarang digunakan. Jarak ini akan memberikan gerakan sapuan yang kuat (high stroke) sehingga hasil sapuan terlihat kasar. Pada jarak ini juga brush sangat-sangat terkontrol. Karena terlalu terkontrol, makanya sapuannya jadi sangat kasar. 



Jarak Sedang 
Jarak yang paling direkomendasikan untuk pemula dan juga kebanyakan pengguna brush. Pada jarak ini brush cukup terkontrol. Hasil sapuan tidak terlalu kasar, juga tidak terlalu samar-samar. 

Jarak Jauh 
Pada jarak ini, brush akan hilang kontrol. Hasil sapuan juga akan terlihat samar. Namun, jarak ini masih dapat digunakan jika ingin memberikan efek warna yang sangat samar (tetapi tetap letak tangan tidak terlalu jauh).
Begitulah pembahasan mengenai bahan dan cara memegang brush. Untuk mendapatkan brush terbaik, bandingkanlah bahan dan harga. Banyak kok bahan yang bagus dengan harga murah. Pintar-pintar saja mencarinya. Untuk membeli brush sebaiknya langsung satu set. Jika ingin mencari harga brush yang murah, usahakan membeli brush tidak di mall, 

Semoga artikel ini membantumu :)

No comments:

Powered by Blogger.