Baper Laper #2: Christmas Apple Cider

Brown Liquid Pouring on Clear Shot Glass

Hawa dingin tiba. Hujan semakin sering. Lagu Oh Holy Night bergema. Hari-hari berjalan mendekati hari Natal. Saatnya kita mencoba minuman baru yang cocok untuk momen ini. 



Setelah UAS dan menyelesaikan laporan praktikum, saya cukup merasa lelah. Mengingat hari-hari mendekati natal, yang dipikirkan saya hanya istirahat dulu. Namun, datanglah undangan open house dari pendeta di gereja. Selain open house, kami juga berencana untuk menyumbang barang-barang yang diperlukan bayi prematur sebagai pelayanan kami di momen Natal. 

Ternyata suasana open house sangat homy. Saya dapat merasakan suasana kekeluargaan antar teman-teman gereja dan keluarga beliau. Selain makanannya yang unik, ada juga minumannya yang menarik perhatian. Christmas Apple Cider. 

Apa Itu?
Christmas Apple Cider adalah minuman yang terkenal pada musim gugur dan musim dingin. Minuman ini disebut juga mulled cider karena dibuat menggunakan campuran rempah-rempah yang dipanaskan bersama-sama dengan minuman tersebut. Selain apple cider, campuran rempah-rempah juga digunakan dalam minuman seperti wine, wassail, dan beer. 

Selain cocok untuk menghangatkan badan, apple cider juga mengandung vitamin C, zat besi, dan potassium yang bermanfaat untuk tubuh. Hanya perlu diingat, karena apple cider berasal dari pemrosesan apel, kandungan gulanya lebih banyak daripada teh dan kopi. Maka dalam pembuatannya, lebih baik tidak menambahkan gula, terutama jika jus apel yang digunakan adalah jus apel kemasan. 

Bagaimana Cara Membuatnya?
Cukup 15 menit saja. Untuk membuat Christmas Apple Cider diperlukan:

1 liter jus apel 
2 batang kayu manis / 2 sendok teh bubuk kayu manis 
1 jeruk manis 
8 cengkeh utuh 
1 jeruk lemon (optional)

Banyak resep mengenai Christmas Apple Cider, bahkan ada yang menambahkan jahe dan nutmeg. Namun, secara umum Christmass Apple Cider menggunakan jeruk, kayu manis, jus apel, dan cengkeh. 

Cara membuat:
Kadang jeruk manis yang dibeli masih mengandung lilin dan debu. Cuci bersih kulit jeruk dengan air atau sikat dengan lembut. Setelah jeruk dicuci, potong jeruk. 

Tuang jus apel ke dalam panci dan didihkan perlahan. Tunggu hingga jus apel menghasilkan gelembung-gelembung kecil. 


Setelah jus apel memanas, masukan dua sendok teh kayu manis dan 8 biji cengkeh. Penambahan kayu manis dan cengkeh dapat diatur sesuai selera. Panaskan kembali dalam panci tertutup selama 10 menit.

 
Selama pemanasan, aroma kayu manis dan cengkeh akan memenuhi ruangan. Bau manisnya ini seperti di toko roti. Christmas Apple Cider umumnya berasa manis. jika ingin lebih asem-segar, dapat ditambahkan air lemon sebelum dipanaskan atau setelah dipanaskan. 


Christmas Apple Cider siap disajikan selagi hangat! Di Indonesia yang hawanya cukup hangat, mengonsumsi Christmas Apple Cider dingin juga nikmat! 

Semoga artikel ini membantumu :) 

No comments:

Powered by Blogger.