REVIEW Sensatia Botanicals Calming Chamomile Facial Toner


Masih membahas produk Sensatia Botanicals. Satu produk lagi yang aku suka adalah toner chamomile mereka. Seperti apa produknya? 

Saya baru mencoba memakai produk ini sekitar bulan April 2019 dengan harga sekitar Rp 160.000. Toner ini adalah toner yang membingungkan saya saat mencobanya. Biasanya produk kosmetik didesain memiliki volume yan akan habis dalam 3 bulan. Tetapi botol ini baru saya habiskan selama 4.5 bulan. Bisa jadi karena saya lebih suka memakainya sebagai AM routine. Hanya beberapa kali untuk PM routine setelah melakukan eksfoliasi.  

Packaging 
Desain packaging botol Sensatia Botanicals sudah memincut banyak orang untuk mengoleksinya. Botol ini didesain simple dengan bahan plastik. Dari segi bahan, plastik berwarna gelap, produk ini menjadi lebih aman dan terhindari dari kerusakan oleh sinar matahari ataupun pecah saat jatuh. 


Kelebihan lain dari produk toner ini adalah SPRAY. Toner anti-inflamasi dan hidrasi memang paling cocok dikemas dalam bentuk botol spray karena memudahkan orang menggunakannya, tanpa menetes-netes, dan tidak memerlukan kapas.  

Tetapi karena ukurannya besar, mungkin beberapa orang tidak nyaman membawa produk ini saat travel. 


Komposisi
Secara general, tidak mengandung paraben, sulfat, alcohol, silicone. Selain itu produk ini cocok untuk kulit yang fungal acne dan juga memiliki ingredient minimal. 

Kelebihan 
  1. Aloe Barbadensis leaf sebagai humectant alami yang cocok untuk sebagian besar jenis kulit. 
  2. Agen soothing yang bervariasi seperti Anthemis nobilis oil, Camellia sinensis leaf extract. Kita sudah tau bahwa Camellia sinensis extract atau ekstrak teh hijau memiliki banyak manfaat untuk kulit tetapi bagaimana dengan Anthemis nobilis oil? Bahan ini merupakan essential oil yang didapat dari Roma Chamomile dan memiliki sifat soothing (antiinflamasi) karena mengandung bisabolol. 
  3. Bahan soothing dan juga mengandung antioksidan, Centella asiatica extract juga terkandung dalam produk ini. 
Kekurangan 
  1. Kekurangan lebih ke jenis kulit sensitif. Jika kulit kalian sensitif (dan sebenarnya, sangat jarang terjadi kasus ssensitif) produk ini bisa saja tidak cocok karena mengandung linalool, limononene, juga benzyl alcohol. Walaupun kembali lagi kulit secara general jarang menunjukkan reaksi terhadap bahan-bahan ini. 

Untuk Jenis Kulit Apa? 
Bahan yang minimalis dan tidak terlalu banyak mengandung minyak. Produk ini cocok untuk hampir semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif yang mudah memerah (bukan sensitif karena suatu alergen). Tekstur yang lebih seperti air lebih menguntungkan untuk kulit berminyak daripada kulit kering. Namun, kulit kering juga masih bisa menggunakan produk ini.

Kalau dilihat dari formulasinya lagi, toner ini cocok untuk balancing pH. Setelah kita mencuci muka, biasanya pH kulit kita akan naik dan ini dapat menyebabkan kulit kering. Sabun cleanser pun bisa saja ada yang mencapai pH 8 (not recommened, of course). Toner balancing pH seperti Sensatia Botanicals dapat membantu menurunkan pH kulit mendekati pH kulit normal (sekitar pH 5.5-6). 

Kalau kamu masih menggunakan cleanser yang membuat kulit terlalu kering dan tertarik, selain menggunakan moisturizer, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan toner ini.  

Cara memakai dan reaksi kulit 
Toner yang mengandung pelembab dan agen anti inflammasi seperti produk ini, memiliki banyak cara untuk digunakan.
 

a. Menggunakan kapas 
  1. Setelah mencuci muka, saat wajah masih lembab
  2. Semprotkan 1-2 semprot pada kapas. Kapas yang digunakan sebaiknya tidak memiliki tekstur yang kasar dan tidak terlalu tebal. 
  3. Letakan pada area kulit yang memerah seperti pipi, dahi, dagu. Kemudian diamkan 5-10 menit. Pastikan agar kaps yang basah tersebut tidak terlalu kering. 
  4. Angkat kapas. Jika perlu, optional, kamu bisa mengusap lembut area kulit tersebut. Tetapi jika tekstur kapas terlalu kasar, sebaiknya tidak perlu. 
b. Semprot dan tepuk
  1. Pada saat wajah telah dibersihkan dan dalam keadaan lembab, semprotkan 2-3 kali pada area pipi dan dahi. 
  2. Tepuk-tepuk sambil menyebarkan produk ke area lain seperti dagu dan dahi. 
Cara ini lebih praktis dan lebih cocok untuk AM routine yang biasanya dilakukan terburu-buru 

Cara lain pemakaian toner secara umum adalah menuangkan ke telapak tangan dan menepuk ke wajah. Tapi karena produk ini sudah dikemas dalam boto spray, cara ketiga ini tidak diperlukan, bahkan tidak bisa dilakukan. 


Pengalaman Pribadi
Ini adalah toner yang paling tahan lama dan juga tidak terlalu bermasalah untuk kulitku. Sebaliknya, karena di Indonesia wajah saya sering sensitif dan memerah karena sinar matahari, penggunaan toner pada malam hari dengan teknik mengompres dengan kapas sangat membantu untuk menenangkan kulit. 

Dari segi tekstur. toner ini bertekstur cair dengan kekentalan yang sulit dibedakan dengan kekentalan air. Mungkin kalau dibayangkan seperti air seduh teh, sedikit kental tetapi masih bisa disebut cair.  

Untuk soal kecocokan dengan produk lain, komposisinya yang simple membuatnya memiliki banyak kecocokan dengan produk lain. Pemilik kulit berminyak yang sering kesulitan melakukan layering produk pasti merasa produk ini sangat ringan di kulit.  

Hanya yang perlu diperhatikan adalah untuk segera menggunakan produk ini setelah dibeli. Bukan karena bahan ini mudah rusak, bahkan rasanya tidak mudah rusak karena kemasannya yang gelap. Pada produk yang saya beli kedua kalinya, saya sempat tidak menggunakan produk ini untuk waktu yang lama dan saya menemukan adanya gumpalan yang mungkin berasal dari ekstrak tersebut. Tetapi hal ini tidak berbahaya, ketika kamu kocok, gumpalan tersebut kembali larut. Hanya saja, beberapa orang mungkin menganggapnya tidak estetik (walau saya sih tidak merasa terganggu)  

Selain itu, keberadaan fragrance limonene dan linalool. Walaupun semua kulit belum tentu punya reaksi sensitif terhadap bahan ini, sebaiknya untuk produk sebelumnya (cleanser) dan produk selanjutnya (serum, moisturizer) tidak mengandung limonene dan linalool untuk menghindari penumpukan bahan ini. 

Kesimpulannya, produk ini cocok untuk kulit berminyak dan kulit sensitif, juga untuk mereka yang masih mencoba-coba toner. Pemakaiannya sangat praktis dan memiliki potensi layering produk yang mudah dilakukan. 


Semoga artikel ini membantumu :) 

No comments:

Powered by Blogger.