Makeup Kit #3: Brush Update + (Make Up Brush Review)


Saat liburan, ada teman saya menjual brush set unik dengan harga murah. Sudah lama saya menginginkan bentuk kuas tersebut, tetapi toko-toko menjual dengan harga selangit. Akhirnya setelah beli, saya bisa update lagi brush make up yang tidak ada di artikel sebelumnya. Apa saja brush-nya?




Kita mulai dengan:


1. Foundation brush 
Tipe brush yang rapat seperti ini lebih cocok digunakan untuk mengaplikasikan foundation yang banyak. Cocok untuk aplikasi foundation untuk hasil coverage yang tinggi. Menurut saya, penggunaan brush ini cocok untuk tampilan make up pada acara formal seperti pernikahan atau photo shoot. Ingat, foundation yang diaplikasikan menggunakan brush ini cukup banyak sehingga wajah dapat terasa berat. 

Jika mencari concealer brush, carilah brush yang berbentuk seperti foundation brush untuk heavy coverage, tetapi berukuran lebih kecil. 

2. Kabuki Brush 
Kabuki brush adalah brush yang berasal dari Jepang sejak tahun 1600-an. Brush ini digunakan dalam menata rias para pemain teater Kabuki. Brush memiliki bentuk yang besar sehingga waktu aplikasi akan lebih singkat. Pada zaman sekarang Kabuki brush digunakan untuk mengaplikasikan produk berbahan cair, powder, hingga cream. 


a. Round Kabuki Brush, ujungnya bulat sehingga cocok untuk mengaplikasikan bronzer atau blush. Aplikasikan blush/bronzer dalam bentuk memutar/circular. Ukurannya yang besar juga membuat brush ini dapat digunakan sebagai Face Blender Brush. 

b dan c. Flat Kabuki Brush, ujungnya rata sehingga cocok untuk mengaplikasikan bedak berbahan loose powder. Biasanya saya menggunakan Flat Kabuki Brush (b) untuk mengaplikasi foundation berbahan cair atau cream sementara untuk Flat Kabuki Brush (c) untuk mengaplikasikan bedak atau foundation berbahan powder. 

3. Blush Brush 
Ujung brush bulat dan ukuran kepala brush harus mencukupi besar pipi apel. Untuk brush ini, hanya digunakan untuk mengaplikasikan blush berbahan powder.



Sebenarnya produk brush yang saya beli menyediakan blush brush berukuran kecil, tetapi saya belum tahu brush berukuran kecil ini cocok untuk digunakan sebagai apa atau alternatif apa. Biasanya saya gunakan untuk mengaplikasikan warna blush lain saat gradasi.


Blush brush yang dulu saya gunakan (gagang hitam) sebenarnya berukuran lebih lebar. Brush yang berukuran lebar dan besar seperti ini masih dapat digunakan untuk mengaplikasikan blush, tetapi juga dapat digunakan sebagai face blender brush. 

4. Kuas untuk make up mata 
Eyeshadow brush memiliki berbagai bentuk dan setiap bentuknya memiliki kegunaan tersendiri. 
a. Eye blender brush, bentuk brush paling panjang dibandingkan yang lain. Cocok digunakan untuk blending garis kasar/harsh line akibat aplikasi shades berkali-kali. Karena ujung kuasnya juga fluffy, dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation tipe powder. 
Lalu apa bedanya dengan kedua brush ini? 
Eye blender brush memang berbentuk mirip dengan eyeshadow brush (brush bergagang hitam), tetapi ukurannya lebih panjang daripada eyeshadow brush. Eyeshadow brush didesain dengan kepala brush yang dapat mencukupi setengah kelopak mata dan juga dapat digunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow pada bagian bawah mata. 

b. Eye contour brush/ eyeshadow transfered brush, brush didesain rapat dan pendek. Cocok digunakan untuk mengaplikasikan produk eyeshadow dalam jumlah banyak ke kelopak mata. 
Lalu apa bedanya eyeshadow sponge brush dan Eye contour brush/ eyeshadow transfered brush? 
Sering kali yang kita temui di pasaran adalah eyeshadow sponge brush. Kedua jenis brush ini sama-sama digunakan untuk mengaplikasikan produk eyeshadow ke kelopak mata. Namun, penggunaan sponge tidak sebagus eye contour brush karena lebih banyak produk eyeshadow yang tertinggal di sponge dibandingkan dengan eye contour brush. Selain itu, jika mencucinya tidak hati-hati, sponge dapat rusak. Namun harga sponge brush ini lebih murah daripada eye contour brush. 

c. Eyeliner brush, bentuk brush yang didesain ber-angle memudahkan kita dalam mengaplikasikan eyeshadow ditempat yang detail seperti daerah upper lash line (daerah tempat bulu mata bagian atas tumbuh) untuk mengaplikasikan eyeliner. 


Kadang saya menyiapkan tiga eyeliner angled brush untuk tiga bagian mata yang berbeda. Eyeliner angled brush dapat digunakan untuk mengaplikasikan produk gel, powder, atau cream untuk alis, (jadi sebagai eyebrow brush), untuk mengaplikasikan gel eyeliner, dan untuk mengaplikasikan eyeshadow sebagai eyeliner. 

Lalu ini apa?

Eye smudge brush (gagang hitam) didesain memiliki ujung yang bulat, rambut brush yang lembut. Cocok digunakan untuk smudge dalam pembuatan smoky eye. Bedakan dengan brush yang memiliki rambut brush yang rapat dan berujung dome (gagang coklat). Brush seperti itu bukanlah eye smudge brush. 

5. Kuas lainnya untuk wajah (angled and dome brush)
Angled brush memiliki bentuk brush yang miring/angled, sementara dome adalah bentuk brush yan mengkrucut. Kedua bentuk brush ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan produk di tempat yang detail seperti daerah tulang pipi atau sudut hidung.


 a dan b. Angle brush. Cocok digunakan untuk mengaplikasikan produk contour pada bagian bawah tulang pipi. Biasanya untuk brush (a) karena ukurannya besar, digunakan untuk mengaplikasikan contour sementara untuk brush (b) karena ukurannya kecil, cocok digunakan untuk mengaplikasikan contour di bagian batang hidung atau mengaplikasikan highlight pada tulang pipi. 

c. Dome brush/ round nose brush. Cocok digunakan untuk mengaplikasikan produk foundation atau concealer cair dan cream. Penggunaan brush ini dilakukan untuk mengoreksi sudut-sudut wajah yang tidak tercapai oleh brush lain seperti sudut hidung dan sudut bibir. 


Semoga artikel ini membantumu :)





No comments:

Powered by Blogger.