Hitam Putih Foundation #2: Temukan Jenis Foundationmu

Foundation memiliki manfaat menyamarkan noda seperti flek, pori-pori, bekas jerawat, kerutan halus, dan warna kulit yang tidak merata. Dengan menggunakan foundation, make up yang digunakan akan menempel dan lebih tahan lama. Selain itu, memberikan wajah tampak halus, lembut, dan lembap. 
sumber: www.sosueme.ie

Kembali lagi, berbagai jenis kulit menyebabkan tidak semua kulit bisa menggunakan satu jenis foundation. Pemilihan jenis foundation yang salah akan membuat kulit terlihat pecah-pecah bahkan berjerawat. Sebelum memakai foundation, ketahui dulu jenis foundation yang cocok untuk kulit. 
Berikut jenis foundation yang digunakan (diurutkan dari yang paling sering digunakan):


credited: @sammymarvin
Two Way Cake (untuk natural, cocok)
Cocok untuk semua jenis kulit. Bentuk seperti compact foundation, tetapi dapat digunakan dalam dua cara (two way). Untuk penggunaan praktis atau mendapatkan hasil seperti bedak tabur gunakan sponge (menutupi kekurangan wajah secara menyeluruh) atau brush (hasil lebih natural). Untuk penggunaan seperti liquid foundation, bisa menggunakan kapas basah dalam mengaplikasikannya. Lebih dianjurkan untuk penggunaan praktis agar foundation tidak cepat rusak atau terkontaminasi.

sumber: www.spoiltblog.com
Compact Foundation (untuk natural, cocok)
Merupakan foundation yang umum ditemukan. Walaupun bentuk compact dengan Two Way Cake mirip, foundation ini tidak dapat digunakan dalam keadaan basah. Cocok digunakan untuk kulit normal dan kulit berminyak dengan hasil lebih matte. Ada yang tidak berwarna, warna kulit, atau warna koreksi kulit.
sumber:www.fabogo.com
Liquid Foundation
Foundation cair banyak digunakan untuk menghasilkan make up yang lebih sempurna. Umumnya digunakan pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan atau photoshoot. Dengan jenis liquid foundation yang berbeda, liquid foundation dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

  • Foundation cair berbahan dasar minyak, cocok digunakan untuk kulit berminyak. Minyak pada foundation membantu make up lebih maksimal dan menjaga kelembapan kulit.
  • Foundation cair berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak dan kulit sensitif.
PS:
Matte Foundation, seperti liquid foundation, tetapi bersifat cepat kering dan tidak menunjukan hasil cakey face. Cocok untuk kulit berminyak. Namun karea bersifat kering, gunakan tipis-tipis saja. 
sumber: www.fabogo.com
Sheer Foundation
Ini jenis foundation yang pertama kali saya lihat saat taman kanak-kanak. Foundation ini adalah berbentuk bubuk dalam pot. Karena bubuk, hasil aplikasi tidak terlalu tebal. Cocok untuk kulit normal dan kering karena mengandung silikia.
sumber: www.ebay.com
Stick Foundation
Foundation yang praktis dan cukup "bersih" digunakan karena alplikasinya tidak meggunakan jari, langsung dipoleskan pada wajah. Cocok digunakan untuk kulit normal dan berminyak. Memiliki keunggulan menutup kerutan.

Jika masih ingin menggunakan stick foundation, gunakan yang non-comedogenic dan mengandug asam salisilat.
sumber: www.drugstore.com
Mousse Foundation 
Foundation dengan tekstur halus menyerupai busa. Unggul dalam menutupi kerutan wajah sehingga cocok digunakan pada orang lanjut usia (full coverage), sehingga kulit terlihat halus. Cocok digunakan untuk kulit normal dan kering. Untuk kulit berminyak juga bisa, tetapi lebih cepat menghasilkan efek cakey face.
sumber: www.beatologies.net
Cream Foundation
Seperti liquid foundation hanya lebih kental dan di-pack dalam tube atau pot. Dapat menutupi kerutan halus, tapi tidak sebaik mousse foundation; hasilnya lebih natural coverage daripada full coverage. Cocok untuk kulit kering karena minyak yang dikandung cream foundation melembapan kulit kering dan juga kulit normal.

sumber: styleblazer.com/
Tinted Moisturizer 
Sebenarnya tergolong dalam moisturizer, tetapi karena memiliki pigmen warna kulit, dapat digunakan sebagai foundation juga. Karena jenisnya moisturizer, walaupun memberi warna, tidak terlalu mampu menutupi kekurangan wajah seperti bekas jerawat. Cocok untuk semua jenis kulit dan untuk tampilan sederhana.

Sumber:
Muliyawan, D & Suriana N. 2013. A-Z Tentang Kosmetik. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Pengalaman Pribadi

Next Lesson
Last Lesson 

No comments:

Powered by Blogger.